. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

SUMBER-SUMBER AJARAN ISLAM, study kasus.

Sejarah penulisan Qur'an & Hadis, ayat2 Mekah & Medinah, kontradiksi Qur'an, tafsir Qur'an, dan hal2 yang bersangkutan dengan Qur'an.

SUMBER-SUMBER AJARAN ISLAM, study kasus.

Postby DianAZ » Fri Feb 09, 2007 6:39 pm

ISLAM: SUMBER-SUMBER AJARANNYA

Pendahuluan: Tulisan di bawah ini adalah kutipan dari beberapa karya tulis berbahasa inggris yang di indonesiakan dan diringkas dan disatukan untuk mudah dimengerti dan diperiksa kebenarannya. Sumber referensi dari tulisan ini berasal dari tokoh-tokoh ternama, khususnya referensi sumber ajaran Islam diambil dari para penulis yang mengerti sejarah dan ajaran Islam serta fasih berbahasa Arab dan Persia dan pernah hidup dinegara-negara tersebut.

Tulisan ini tidak dibuat untuk menghina atau memecah belah diantara kita bangsa Indonesia. Sebaliknya diharapkan membawa kita semakin dewasa dalam berpikir menjadi diskusi semakin sehat dan efektif. Tulisan ini merupakan hasil penelitian saya selama dua bulan lebih, karya tulis ini bukanlah hasil dari “copy and paste”, melainkan “check and cross-check”. Pepatah berkata “Tidak ada gading yang tak retak”, demikianlah saya akui bahwa tulisan ini tidak sempurna, karenanya masukan dari anda diterima dengan senang hati. Semoga tulisan ini menjadi berkat bagi setiap yang membacanya. Terima kasih. DianAZ.

Pembahasan: Kuran adalah sebuah kitab atau buku dimana fondasi ajaran Islam dibangun, itu terdiri dari 144 pasal, ditulis pada abad ke 7 oleh Muhammad dalam bahasa Arab. Dalam bahasa Inggris bisa didapat didalam beberapa versi; Ahmed Ali, The Noble of Qur’an, Picktal dan beberapa penterjemah lainnya. Dalam tulisan ini saya memakai Kuran bahasa Indonesia dan The Nobel Qur’an juga Ahmed Ali (diberi tanda NQ dan AA dalam tulisan ini).

Topik ini membahas secara theologies tentang klaim-klaim para ahli Islam. Muhammad dan ahli-ahli Kuran mengklaim bahwa kitab Kuran adalah ajaran murni dari dataran Arab dan sempurna isinya karena diturunkan langsung oleh Allahnya Muhammad melalui malaikat Gabriel/ Jibril kepadanya. Kuran diklaim oleh Muhammad sebagai penyempurna dari kitab-kitab umat Israel dan umat Kristen. Umat Islam pun percaya bahwa Alkitab yang dipegang oleh umat Kristen tidak asli lagi, karena isinya tidak sama dengan kitab Kuran.

Di sini tidak dibahas mengenai siapa sebenarnya penulis dari Kuran itu, malaikatkah, atau Muhammad atau para pengikut Muhammad.

Benarkah klaim-klaim Muhammad dan para ahli Kuran di atas tersebut?

Tulisan ini Tulisan ini dibagi dalam tujuh bagian. Enam bagian adalah membahas dari mana ajaran-ajaran Islam berasal dan bagian terahir adalah beberapa pertanyaan untuk diri sendiri.

I. Klaim Muhammad mengenai Kuran
II. Sumber-sumber dari Kepercayaan Arab atau Pra-Islam
III. Sumber-sumber dari Kepercayaan Sekte Yahudi atau “Istiadat Nenek Moyang Yahudi”
IV. Sumber-sumber dari Kepercayaan Sekte Kristen
V. Sumber-sumber dari Kepercayaan Zoroastria, Iran
VI. Sumber-sumber dari Kepercayaan Mesir
VII. Pertanyaan



I. Klaim Muhammad mengenai Kuran
Latar belakang: Muhammad ( 570-632 A.D.) pendiri agama Islam, lahir di Mekah. Ia adalah anak dari Abdu’llah (yang berarti: Budak Allah) berasal dari suku Quraish, berkata: Tidaklah mungkin Al Qur'an ini dibuat oleh selain Allah; .Kuran membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya (suatu konfirmasi dari Buku-buku sebelumnya: Kitab-kitab Musa/ Taurat dan Injil dan lain-lainnya. NQ), .Tidak ada keraguan didalamnya; kerana ianya datang dari Tuhan semesta alam.. Kamu jujur dengan apa apa yang kamu lakukan, begitu juga aku (nabi Muhammad) jujur dengan apa apa yang aku lakukan." Surah 10:37,41 lainnya bisa dilihat pada surah 43:2-4 serta 85:21-22.

“In the world today the Holy Quran is the ONLY REVEALED BOOK OF Allah which has remained SPOTLESSLY PURE and UNCHANGED from the date of its revelation fourteen hundred years ago. Each WORD as found is the Quran today is EXACTLY the same today as when it was first revealed by Allah to the Holy Prophet Muhammad (PBOH). For fourteen centuries no man or group of men has succeeded in changing or altering a single word or even a dot of the Holy Qurran.” (dikutip dari “The Holy Quran, M.S.Laher, Islamic Missionary Society).

Dari sumber Islam sendiri kita bisa mengambil kesimpulan sementara bahwa Kuran adalah 1. dibuat sepenuhnya oleh Allah. 2.Diturunkan dari langit melalui malaikat Gabril 3. Kuran tidak bercacat alis sempurna. 4. Tidak pernah dirubah sejak diwahyukan sampai sekarang. 5. Suatu peneguhan atau penyempurna dari kitab-kitab orang Israel dan orang Kristen ( karenanya Muhammad mengklaim bahwa ia adalah nabi terakhir penyempurna iman dari ajaran orang Israel dan orang Kristen).

Benarkah bahwa ajaran Islam, murni dari surga dan tidak bercampur dengan ajaran lainnya, misalnya kepercayaan berhala di tanah Arab? bagian ke dua akan menjawab itu.


Catatan penting 1.: Pada bab-bab selanjutnya, jika ada referensi perbandingan “diamibli dari buku” terhadapa pasal (surah) dan ayat Kuran tertentu, tentulah kalimat dari keduanya (pada Kuran dan buku referensi bersangkutan) tidaklah persis sama, namun yang perlu diingat ialah “pokok pikiran” keduanya hampir sama, “metode penyesuaian terhadap kebutuhan” berlaku disini.

II. Sumber-sumber dari Kepercayaan Arab atau Pra-Islam
Latar belakang: Seorang sejarawan Islam yang terkenal, Abu'l-Fida dengan jujur mengakui fakta-fakta ini. Dalam bukunya “History Ante-Islamica” ia menulis, “Mereka (para Arab pra-Islam) telah biasa melakukan perjalanan agama ke Ka’ba, dimana mereka the 'umra and ihra'm, dan mereka juga melakukan berjalan keliling Kaabah, dan lari-lari pada gunung-gunung Safa dan Marwa, dan melempar batu-batu dan pada akhir setiap tiga tahun memberi satu bulan penenangan batin …. dan mempraktekan sunat, dan memotong tangan kanan pencuri.”

1. Kaabah dan Naik Haji. Sebelum Islam lahir, orang-orang Arab biaya menyembah di Kaabah. Mesjid Kudus atau Kaabah yang berada di Mekah ini sejak awal 60 B.C. sudah menjadi tempat kunjungan sembayang (‘naik haji’) bagi seluruh penduduk Arab Paninsula. Orang Islam percaya bahwa Kaabah dibangun oleh Abraham, meskipun tidak pernah ada bukti sejarah bahwa Abraham pernah berkunjung ke Mekah.

2. Salat. Ini dapat ditelusuri dari kebiasaan doa dari suku Sabaean yang hidup di Arab Paninsula yang berdua tujuh waktu sehari. Suku ini juga berdoa untuk orang mati, yang tetap di lakukan oleh para pengikut nabi Muhammad sampai saat ini.
3. Ramadan. Praktek berpuasa dari matahari terbit sampai tenggelamnya setiap hari sepanjang bulan Ramadan, juga bisa ditelusuri mundur ke suku Sabaean

III. Sumber-sumber dari Kepercayaan Sekte Yahudi atau “Istiadat Nenek Moyang Yahudi”
Latar belakang: orang Israel terusir dari negaranya ke Negara Timur Tengah sejak jaman Babilonia (Irak) sekitar abad ke enam sebelum Masehi. dan dibawah kuasa kerajaan Persia (Iran) di abad kelima sebelum Masehi. Daniel salah satu seorang Israel sangat dikenal dan kepercayaannya diakui di kedua kerajaan ini. Lihat kitab Daniel 2:45-49 dan 3:28-30 (di Irak) dan pasal 6:26-29 (di Iran).
Salah satu sekte Yahudi adalah ajaran orang Parisi ajarannya dikenal dengan “Agama Nenek Moyang Israel” suatu campuran antara ajaran Musa dengan tradisi budaya Yahudi. Orang sekte Yahudi dijaman Yesus masih hidup berkata, "Mengapa murid-murid-Mu melanggar adat istiadat nenek moyang kita? Mereka tidak membasuh tangan sebelum makan." Tetapi jawab Yesus kepada mereka: "Mengapa kamupun melanggar perintah Elohim/God demi adat istiadat nenek moyangmu? (Matius 15:2-3, lihat juga Markus 7:1-5)
Kuranpun dan Hadis pun menulis bahwa orang-orang Israel hidup di Mekah dan Medinah di masa hidup Muhammad.

Apakah tidak mungkin Muhammad tidak terpengaruh oleh ajaran-ajaran di atas?


1. Kain dan Habel
Kain (Kabil, bahasa Arab) membunuh adiknya Habel lalu ia bertobat. Surah 5:30-35 diambil dari misalnya Mishnah Sanhedrin 4.5 atau Targum of Jonathan ben Uzziah; juga dari the Targum of Jerusalem. Sedang nabi Musa menulis bahwa Kain tidak bertobat bahkan bertambah jahat, lihat Kejadian 4:8,24

2. Abraham bukan penyembah berhala dan diselamatkan dari apinya Nimrod.
Surah 6:76, surah 21 & 37 diambil dari buku Midrash.
Perbedaan: Ayah Abraham dipanggil Azar (Surah 6:74) namun ia dipanggil Terah di Midrash dan Alkitab.
Muhammad jelas tidak belajar tentang Abraham dari kitab Musa, Kitab Kejadian, tapi dari dongeng Yahudi. Nabi Musa mencatat bahwa Nimrod dan Abraham hidup di abad yang berbeda, Nimrod keturunan ketiga dari Ham sedang Abraham keturunan kesembilan dari Sam. Sam ialah kakak kandung dari Ham (Kejadian 10 dan 11).

3. Berhala lembu buatan Samiri (tertulisan dalam bahasa Arab: Samaritan), Musa marah kepada Harun dan Samaritan/ Samiri (surah 20:85-97). Ini cerita dongeng Yahudi dari Pirke Rabbi Eleazer. Penulisan nama Sammael di dongeng Yahudi menjadi Samaritan kemungkinan dikarenakan pengetahuan Muhammad bahwa orang Yahudi musuhan dengan orang Samaria/Samaritan oleh karena masalah berhala lembu ini. Alkitab mencatat bahwa Harunlah yang membuat lembu emas ( Keluaran 32:21-24). Samaria/ Samaritan adalah sebuah bangsa dan kata ini baru muncul beberapa abad setelah peritiwa itu.

4. Tentara raja Solomo: jin, manusia dan burung. Semut yang bisa bicara (surah 20:17-18 )

5. Surat raja Salomo melalui burung dan kunjungan ratu Sheba ke istana Solomo (surah 27:27-44) ceritanya diambil dari Targum. Bandingkan dengan catatan Alkitab dari I Raja-raja 10:1-11
Surah 27 sangatlah mirip dengan II. Targum of the Talmudic book of Esther. Sangatlah berbeda dengan cerita dari Alkitab (di I Raja-raja 10, II Tawarikh 9)

6. Malaikat Harut dan Marut (surah 2:96) diambil dari Midrah Yalkut bab 44 dari buku Talmud Yahudi. Keduanya sebenarnya adalah dewi-dewi yang disembah di Armenia (Turki Timur)
Bedanya: di Talmud disebut Certainly Horot and Morot, tutelary deities of mount Ararat, and Aminabegh, and perhaps others now not known, were Assistants to the female goddess Aspandaramlt. These aidedher, and were excellent on the earth. In this extract, Aspandaramlt is the name of the goddess worshipped of old in Iran also; for we are told that the Zoroastrians regarded her as the Spirit of the Earth,

7. Satan menolak menyembah Adam
Surah 2:34 diambil dari Talmud
8. Tujuh langit dan tujuh neraka
Surah 15:44 dan 17:44 diambil dari Hagigah dan Zuhal

9. Kiblat (arah sembayang)
Kuran pertama mengajar orang Islam berdoa menghadap Yerusalem, namun ketika orang Yahudi menolak pengajaran Muhammad, ia memerintahkan pengikutnya untuk berdoa menghadap Mekah, lihat surah 2:142. Perhatikan peristiwa nabi Daniel di jaman kerajaan Medi dan Parsi (Kurdistan dan Iran) di Daniel pasal 6, Demi didengar Daniel, bahwa surat perintah itu telah dibuat, pergilah ia ke rumahnya. Dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah Yerusalem; tiga kali sehari ia berlutut, berdoa serta memuji Elohim-nya, seperti yang biasa dilakukannya. (Daneil 6:10)

10. Aturan cuci muka, tangan dan kaki sebelum berdoa di surah 5:6 diambil dari Talmud.
11. Banyak lagi ayat di Kuran lainnya yang berasal dari kitab Mazmur Daud (tambahan dari Ali5196)

IV. Sumber-sumber dari Kepercayaan Sekte Kristen
Latar belakang: Lingkungan dan kondisi saat Muhammad hidup.
Sejarah membutkikan bahwa ‘orang-orang Kristen’ juga ada disekitar Muhammad. Istri pertama Muhammad adalah Khadija seorang janda pengusaha, dimana pada awalnya Muhammad karjawan dari Khadija. Pernikahan mereka diberkati oleh pendeta Kristen yang adalah saudara sepupu dari Khadija sendiri, Waraqa bin Naufal. 25 tahun lamanya mereka hidup bersama sampai Khadija meninggal dunia di tahun 595. Mengenai Waraqa ini, Ibn Hisham, satu dari beberapa penulis pertama dari biografi Muhammad dalam bukunya “Siratur Rasul” mencatat, “Waraqa bin Naufal telah masuk kepercayaan Kristen, dan telah mempelajari Alkitab.“( "Waraqa ibn Naufal entered the Christian faith, and took up the study of the Scriptures of the Christians until, at last, he became well versed in the learning of the people of the book." ). Para bapa tradisi Islam berkata bahwa Waraqa telah menterjemahkan Injil kebahasa Arab. Tidak diketahui kitab Injil yang mana yang diterjemahkan (Injil yang ada di Alkitab atau Injil-injil Gnostik!).
Tokoh penting lainnya yang diperkirakan sangat mempengaruhi ajaran Muhammad ialah Zaid bin Amr, seorang penyembah berhala dan tidak menerima ajaran Yahudi maupun Kristen, menjadi pengikut “Hanif/Benar/Upright” yang ia percaya sebagai Agama Abraham yang tidak menyembah apapun kecuali Allah. Tell them: "My Lord has directed me to a path that is straight, a supreme law, the creed of Abraham the upright who was not an idolater." Surah 6:161, (AA), atau Say (O Muhammad SAW): "Truly, my Lord has guided me to a Straight Path, a right religion, the religion of Ibrâhim (Abraham), Hanifa [i.e. the true Islâmic Monotheism - to believe in One God (Allâh i.e. to worship none but Allâh, Alone)] and he was not of Al-Mushrikûn (NQ).

Pekerjaan Muhammad (selama bekerja pada dan sebagai suami dari Khadija) membuat ia sering ke Syria (saat itu merupakan salah satu pusat Kristen) pastilah ia berhubungan dengan orang-orang Kristen dan tentu juga penganut ajaran Yahudi. Dan istri kedelapan Muhammad adalah Maryam, seorang budak Kristen Ethiopia dari Mesir. Di bawah ini adalah beberapa bukti pengaruh ajaran ‘Kristen’ pada Muhammad:

1. Perawan Maria, ibu Yesus, diberimakan oleh malaikat. Surah 3:35-47 diambil dari ‘Injil’ Yakobus (bagian dari Apokrypha). Tidak tertulis sama sekali di Alkitab.

2. Maria ibu Yesus melahirkan dibawah pohon korma (surah 19:16-27) diambil dari buku Apocrypha. Alkitab mencatat bahwa Maria berada di kota Betlehem dan ditempat tertutup (Markus 2:1)

3. Ibu Yesus sama dengan saudara perempuan Harun dan Yesus-bayi berbicara (surah 19:28-34) bersumber dari Injil Bayi bagian dari buku Apokrypha. Muhammad tidak bisa membedakan antara Mariam saudara Harun dan Musa dengan Maria ibu Yesus dan istri Yusuf, keduanya dipisahkan oleh waktu lebih dari 1500 tahun!

4. Yesus-kecil membuat burung dari tanah lempung/lumpur. Surah 3: 41,43 diambil dari ’Injil’ Tomas Orang Israel, diambil dari “The Infancy Gospel of Thomas, suatu kitab Injil yang tidak diakui oleh bapa-bapa pendahulu Kristen. Alkitab mencatat pertama kali Yesus membuat mujisat adalah di Kana pada pesta pernikahan, itupun dilakukan atas permintaan ibunya (Yohanes 2:4) sesungguhnya awal pelayanan kenabian-Nya dimulai ketika ia berumur 30 tahun, sesuai dengan tradisi Yahudi seorang laki-laki dianggap dewasa (Lukas 3:23).

5. Yesus tidak tersalib dan tidak mati. Surah iv.156 diambil dari ajaran Basilides (120-145), seorang guru Gnostik Alexandria, Mesir. Alkitab membuktikan Ia mati tersalib
6. Tujuh orang tidur di goa selama lebih dari 300 tahun. Surah 18:8-26 diambil dari buku “Cerita Para Martir”/ “Story of Martyrs”. Itu adalah dongeng kuno “bagaimana orang-orang Kristen dibawah tekanan Romawi dibawah raja Decius (249-251 A.D.) tertidur di goa untuk berlindung dan bangun di tahun 447 pada pemerintahan Theodorus II. Suatu dongeng yang mengilustrasikan bagaimana agama Kristen yang ditekan dapat menjadi suatu agama resmi di diseluruh kerajaan Romawi didalam 200 tahun.

7. Timbangan: masuk surga atau neraka. Surah 7:8-9; 42:16; 101:5-6 diambil dari buku "The Testament of Abraham," berasal dari Mesir, lalu diterjemahkan kedalam bahasa Yunani dan bahasa Arab.

V. Sumber-sumber dari Kepercayaan Zoroastria, Iran
Latar belakang: Sebelum dan dimasa Muhammad hidup sebagian besarArab Paninsula dibawah kekuasaan raja-raja Persia. contohnya keluarga Mandzar adalah pemimpin-pemimpin bagi orang Arab di Irak, Yaman pun pernah dipimpin oleh orang-orang Iran. Sejarah mencatat bahwa di jaman kejayaan Kerajaan Persia, kekuasaanya meliputi Irak sampai Israel, Mesir serta Turki serta bagian utara Saudi Arabia. Kuran sendiri mencatat suatu pembicaraan tentang dongeng-dongeng kuno Iran ini di dalam surah 68:15 When you recite Our revelations to him, he says: "These are fables of long ago." (AA) dan When Our Verses (of the Qur'ân) are recited to him, he says: "Tales of the men of old!" (NQ). Beberapa pengaruh itu diantaranya ialah:

1. Kalimat “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”. In the name of Allah, most benevolent, ever-merciful (AA). Pada Kuran versi Ahmed Ali (AA) didapatkan kalimat pembukaan ini di semua surah kecuali surah kesembilan. Pada buku kuno Zoroastria “Dinkart” kata pembukaan ini berbentuk hampir sama, “In the name of Ormazd the Creator.”

2. Mirat (Muhammad naik kesurga dengan buraq dipimpin oleh Gabriel) dari langit terbawah sampai ketujuh diambil dari buku Pehlavi “Arta Viraf Namak” ditulis 400 tahun sebelum hijra Muhammad dari Mekah ke Medinah.Buraq dan gambaran pohon di surga dengan empat sungainya bisa ditemukan di buku Henoh/Enoch bab 72 (Perjanjian Lama Surat-surat Rahasia / Pseudepigrapha. ), dimana orang Yahudi mengambarkan Pohon Kehidupan di Eden tinggi sekali memerlukan 500 tahun untuk menjangkau bagian atasnya. Bandingkan dengan Alkitab di kitab Kejadian 2:16-17, dimana Hawa mengambilnya dengan mudah.

3. Di surga bersama dengan bidadari cantik dan perjaka (surah 50:72; 56:13 ;76:19) berasal dari dongeng-dongeng kuno Persia/ Iran yang menceritakan bidari-bidari surga yang memikat hati para pria. Kata Firdaus (surga) dan hur (bidadari) di Kuran adalah berasal dari Persia.

4. Jembatan tipis dan tajam untuk menuju surga berasal dari buku Zoroastria kuno ”Dinkart”, yang mengajar bagaimana orang harus hidup supaya bisa meliwati Sirat ini dengan aman dan tidak jatuh ke neraka.

VI. Sumber-sumber dari Kepercayaan Mesir
1. Konsep timbangan yang Allah akan pakai di Hari Pengadilan (surah 101:5-6; 42:17) aslinya berasal dari Buku Kematian /Book of the Dead dan juga buku Perjanjian Abraham.

Catatan penting 2.: Bila ada orang Islam yang menyangkal dengan mengatakan “ayat Kuran ini tidak bersumber dari a atau b.”, dan boleh jadi atau anggaplah sangkalan itu benar.
Maka jawaban untuk itu adalah:
Jika dan hanya jika (istilah dunia eksakta matematika) referensi-referensi dari karya para penulis yang saya sadur (jadi bukan referensi saya, tapi di sumber tulisan ini berasal) tidak tepat (karena mengingat banyaknya karya tulis kono yang isinya hampir sama namun lain judul), namun pada prinsipnya “metode pengaruh langsung dan tidak langsung ajaran dan budaya luar” berlaku di sini, baik itu melalui suatu media, dalam kontek ini adalah buku-buku atau tulisan-tulisan (karena tv dan internet belum ada saat itu) ataupun melalui cerita dari mulut ke mulut.


VII. Pertanyaan (untuk diri sendiri)
1. Terbuktikah Claim Muhammad dan para tokoh Kuran seperti tertulis di surah 10:37,41 dan surah 43:2-4 serta 85:21-22 bahwa Kuran adalah sempurna, tulisan TUHAN pencipta semesta alam, dengan kata lain Muhammad mengclaim bahwa ajaran Islam berasal dari TUHAN?

2. Apakah benar bahwa ajaran Muhammad di dalam Kuran adalah kumpulan atau campuran dari ajaran-ajaran kepercayaan masyarakat dimana ia berada, baik itu ajaran pra-Islam (suku Sabean), ajaran Persia/ Iran, tradisi Yahudi dan sekte Kristen dan juga Kristen percaya Alkitab

3. Apakah ada bukti-bukti bahwa ajaran Kristen yang Muhammad percayaai dan ajarkan kepada pengikutnya, kebanyakan bersumbur bukan dari Alkitab, melainkan dari buku-buku tidak otentik Kristen /Noncanonical books? Mungkinkah hal ini yang membuat Muhammad dan para ahli Islam berpikir bahwa Alkitab telah dipalsukan karena Kuran mencatat sejarah Kristen yang berlainan?

4. Benarkah bahwa Kuran dengan ajarannya tidak bisa dimasukan sebagai bacaan atau referensi iman Kristen, karena isinya tidak sesuai dengan Alkitab.

5. Merujuk pada pertanyaan nomor 4, kalau itu benar, gagalkah klaim Kuran sebagai penyempurna ajaran orang Israel dan Kristen?

6. Apakah pertikaian agama yang berkepanjangan dan mendasar antara Shiia (Persia) dan Sunni (Irak) disebabkan oleh pengaruh ajaran Zoroastria?

7. Apakah claim Muhammad sebagai orang jujur dan mengaku diutus oleh Tuhan pencipta semesta alam Yang Maha Pengasih dan Penyayang masih bisa dipertahankan?

8. Siapakah sebenarnya Muhammad pembawa agama Islam ini menurut anda sendiri?


Sumber tulisan diambil dari:
1. Islam>Sources of the Quran atau The Sources of Islam Keduanya sama, hanya cara penyajian berbeda.

Tentang William St. Clair Tisdall 1859-1928: a British historian and philologist who served served as the Secretary of the Church of England's Church Missionary Society in Isfahan Persia.

William St. Clair Tisdall was fluent in sevaral Middle Eastern languages including Arabic and spent much time researching the sources of Islam and the Qur'an in the original languages

2. THE ORIGINS OF THE QUR'AN Some of William St. Clair Tisdall's studies are included in The Origins of The Koran: Classic Essays on Islam's Holy Book edited by Ibn Warraq.
3. The Sources of Islam by Peter Hammond
4. Islam Revealed by Dr Anis A. Shorrosh
5. Bahan bacaan sekte Kristen dan sekte Yahudi (injil-injil Gnostic dan sebagainya ) bisa dibaca di sini Noncanonical literaturs
6. Kutipan ayat-ayat Kuran diambil dari [url=http/www.kuran.gen.tr/?x=s_main&kid=21]Kuran Indonesia[/url]
Dan terjemahan bahasa Inggris dari Ahmed Ali serta The Nobel Quran.
7. Ayat-ayat Alkitab diambil dari Lembaga Alkitab Indonesia, bisa di-download gratis dari www.e-sword.net. Kata Allah telah diganti menjadi Elohim
DianAZ
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 388
Joined: Wed Mar 01, 2006 4:05 pm

Postby ali5196 » Thu Mar 01, 2007 4:17 am

ISLAM AGAMA IMITASI Yahudi, Kristen, Persia dsb
http://www.indonesia.faithfreedom.org/f ... hp?t=10540
ali5196
Translator
 
Posts: 17308
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm


Return to Resource Centre: Quran & Hadits



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users