. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Pengertian Hidup menurut Al Qur'an

Kesalahan, ketidak ajaiban, dan ketidaksesuaian dengan ilmu pengetahuan.

Pengertian Hidup menurut Al Qur'an

Postby abdann » Mon Feb 12, 2007 1:05 pm

Masa hidup manusia terbagi dua (QS 40/11), hidup pertama adalah di dunia kini dan hidup kedua berlaku di akhirat. Kedua macam hidup berlaku dalam keadaan konkrit.

Berbagai macam ajaran mengenai hakekat hidup dan tujuan hidup telah berkembang. Masing-masing berbeda tentang pengertian dan tujuan hidup. Hanya Al Qur’an lah yang dapat menjelaskan arti dan tujuan hidup manusia secukupnya sehingga dapat dipahami oleh setiap individu yang membutuhkannya.

Orang atheis mendasarkan doktrinnya atas teori naturalism tidak dapat memberikan alasan kenapa adanya hidup kini, kecuali sebagai kelanjutan dari hukum evolusi pada setiap benda yang sejak dulu telah mengalami perubahan alamiah. Sementara mereka berbantahan pula mengenai hukum evolusi itu sendiri disebabkan banyaknya benturan (dead lock) dalam analysa dan teorinya.

Benturan itu mereka namakan Missing Link. Untuk tujuan hidup mereka juga tidak mempunyai arah dan alasan yang tepat. Tetapi mereka semua sama berpendapat bahwa yang ada kini akan musnah dengan sendirinya di ujung zaman sesuai dengan menusut dan habisnya alat kebutuhan hidup dan disebabkan terganggunggunya stabilitas susunan bintang di alam semesta.

Mereka berkesimpulan bahwa hidup kini dimulai dari kekosongan, telah terwujud secara alamiah, dan sedang menuju ke arah kekosongan alam semesta dimana setiap individu hilang berlalu tanpa bekas dan tidak akan hidup kembali.
Dalam hal ini mereka melupakan unsur Roh yang ada pada setiap individu.

Pihakyang menganut paham Plurality atau Trinity, walaupun tidak membenarkan teori evolusi , malah mengakui manusia ini memulai hidupnya dari satu diri yang sengaja diciptakan Tuhan, tetapi mereka tdak dapat memberikan alasan tentang maksud apa yang terkandung dalam perencanaan penciptaan itu. Sebagai tujuan hidup, mereka sama sependapat bahwa nanti akan berlaku kehidupan balasan sesudah mati, tetapi dalam kedaan gaib bukan konkrit, dimana setiap pribadi baik akan menerima kebahagiaan jiwa dan pribadi jahat akan merana.

Pihak pertama di atas tadi bertntangan dengan dengan ajaran Al Qur’an mengenai asal hidup dan juga bertentangan mengenai tujuan hidup, sedangkan pihak kedua bersamaan dengan ajaran Al Qur’an mengenai asal usul hidup juga bersamaan tentang tujuan hidup tetapi berbeda dalam hal ghaib dan konkrit. Sebaliknya kedua pihak (Islam dan Plurality/Trinity) sependapat tentang arti hidup yang tidak lain hanyalah berjuang untuk kebutuhan dan kelanjutan generasi, tetapi mereka (Plurality/Trinity) melupakan bahwa pendapat demikian akan berujung dengan pemusnahan generasi mendatang karena setiap individu lebih mementingkan keadaan sekarang tanpa ancaman resiko konkrit yang akan dihadapi di akhirat nanti.

Al Qur’an yang menjadi dasar ajaran hidup dalam Islam, memberikan alasan dan keterangan secukupnya mengenai sebab, arti dan tujuan hidup manusia.

A. Sebab adanya hidup
Semesta raya ini dulunya dari kekosongan total, tidak satupun yang ada kecuali Allah yang ESA yang senantiasa dalam keadaan ghaib. DIA mempunyai maksud agar berlaku penyembahan terhadapNYA yang tentu harus dilaksanakan oleh makhluk yang memiliki logika Maka perlulah diciptakan jin dan manusia yang akan menjalani ujian dimana dapat ditentukan berlakunya pengabdian dimaksud. Kedua macam makhluk ini membutuhkan tempat hidup dimana segala kebutuhan dalam pengujian tersedia secara alamiah atau ilmiah, maka diciptakanlah benda angkasa berbagai bentuk, masa dan fungsi. Semuanya terlaksana secara logis menurut rencana tepat, dan tiba masanya dimulai penciptaan Jin dan Manusia, masing-masing berbeda di segi abstrak dan konkrit.

Allah itu Pencipta tiap sesuatu dan DIA menjaga tiap sesuatu itu. (QS 39/62)

DIA pelaksana bagi apa yang DIA inginkan. (QS 85/16)

Dan tidaklah AKU ciptakan jin dan manusia itu kecuali untuk menyembah AKU (di akhirat utamanya). QS 51/96.

B. Arti Hidup KINI
Al Qur’an memberikan ajaran tentang arti hidup bahwa hendaklah menghubungkan dirinya secara langsung kepada Allah dengan cara melaksanakan hukum-hukum tertulis dalam al quran, dan menghubungkan dirinya pada masyarakat sesamanya dalam melaksanakan tugas amar makhruf nahi munkar.

DIAlah yang menciptakan kematian dan kehidupan agar DIA menguji kamu yang mana diantara kamu yang lebih baik perbuatannya, dan DIA Mulia dan Pengampun. (QS 67/2)

Bahwa Kami menunjukkan garis hukum padanya (manusia itu), terserah padanya untuk bersyukur atau kafir. (QS 76/3)

C. Tujuan hidup
Al Qur’an menjelaskan bahwa kehidupan kini bukanlah akan berlalu tanpa akibat tetapi berlangsung dengan catatan atas semua gerak zahir dan batin yang menentukan nilai setiap indivisu untuk kehidupan konkrit nantinya di alam akhirat, dimana kehidupan terpisah antara yang beriman dan yang kafir untuk selamanya.

Dan berlombalah kepada keampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya sama dengan luas planet-planet dan Bumi ini, dijanjikan untuk para muttaqien. (QS 3/133)

Sungguh kami ciptakan manusia itu pada perwujudan yang lebih baik. Kemudian kami tempatkan dia kepada kerendahan yang lebih rendah. Kecuali orang-orang beriman dan beramal shaleh, maka untuk mereka upah yang terhingga. QS 95/4-6)

Dengan keterangan singkat ini, jelaslah bahwa Al Qur’an bukan saja menjelaskan kenapa adanya hidup kini, tetapi juga memberikan arti hidup serta tujuannya yang harus dicapai oleh setiap diri.

Keterangan Al Qur’an seperti demikian dapat diterima akal sehat dan memang hanyalah kitab suci itulah yang mungkin memberikan penjelasan demikian.
abdann
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 937
Joined: Fri Sep 08, 2006 2:08 pm

Postby abdann » Mon Feb 12, 2007 1:10 pm

Sesuai permintaan para FFI'ers, sekarang saya post Ajaran hidup berdasarkan Al Qur'an yang mengoreksi dan meluruskan ajaran-ajaran di luar islam.

Silakan kontribusinya. :D
abdann
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 937
Joined: Fri Sep 08, 2006 2:08 pm

Postby AkuAdalahAing » Mon Feb 12, 2007 1:54 pm

Sdr.abdann

sebelum kita berbicara lebih jauh, maukah anda menggunakan suatu kesepakan dengan saya tentang referensi yang akan digunakan dalam perbincangan ini ?

Referensi saya adalah:
1. Alkitab Terjemahan Baru, © Lembaga Alkitab Indonesia 1974
2. al qur'an terjemahan bahasa indonesia
3. hadist-hadist terjemahan bahasa indonesia

Saya meng-asumsikan bahwa ketiga referensi saya di atas adalah ASLI dan layak digunakan dan mempunyai terjemahan yang dapat dimengerti oleh orang yang berbahasa indonesia tanpa harus menelusuri bahasa aslinya.

Kesepakatan yang saya ajukan adalah:
Kita harus membedakan ajaran suatu lembaga dengan ajaran kitab suci.

Apakah referensi anda dan apa kesepakatan anda ?
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Postby abdann » Mon Feb 12, 2007 2:25 pm

AkuAdalahAing wrote:Sdr.abdann

sebelum kita berbicara lebih jauh, maukah anda menggunakan suatu kesepakan dengan saya tentang referensi yang akan digunakan dalam perbincangan ini ?

Referensi saya adalah:
1. Alkitab Terjemahan Baru, © Lembaga Alkitab Indonesia 1974
2. al qur'an terjemahan bahasa indonesia
3. hadist-hadist terjemahan bahasa indonesia

Saya meng-asumsikan bahwa ketiga referensi saya di atas adalah ASLI dan layak digunakan dan mempunyai terjemahan yang dapat dimengerti oleh orang yang berbahasa indonesia tanpa harus menelusuri bahasa aslinya.

Kesepakatan yang saya ajukan adalah:
Kita harus membedakan ajaran suatu lembaga dengan ajaran kitab suci.

Apakah referensi anda dan apa kesepakatan anda ?


Saya mendapat kesan baik dari anda, semoga demikian seterusnya. saya sepakat dg tawaran anda.

Referensi yang saya pakai sudah tercantum di dalam signature saya sendiri dan jarang orang memperhatikan. :D sehingga banyak netter di sini mengira saya ngomong berdasarkan pendapat sendiri semata.


dan ada juga referensi yg anda gunakan juga saya pakai seperti : Alkitab Terjemahan Baru, © Lembaga Alkitab Indonesia 1962, cetak ulang terjemahan Charless Darwin The Origin of Species, Bible yg disahkan oleh Raja Inggris pada A.D. 1611 terbitan The British and Foreign Bible Society London, 25 A.D., dll.
abdann
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 937
Joined: Fri Sep 08, 2006 2:08 pm

Postby AkuAdalahAing » Mon Feb 12, 2007 2:37 pm

abdann wrote:Saya mendapat kesan baik dari anda, semoga demikian seterusnya. saya sepakat dg tawaran anda.

Referensi yang saya pakai sudah tercantum di dalam signature saya sendiri dan jarang orang memperhatikan. :D sehingga banyak netter di sini mengira saya ngomong berdasarkan pendapat sendiri semata.


dan ada juga referensi yg anda gunakan juga saya pakai seperti : Alkitab Terjemahan Baru, © Lembaga Alkitab Indonesia 1962, cetak ulang terjemahan Charless Darwin The Origin of Species, Bible yg disahkan oleh Raja Inggris pada A.D. 1611 terbitan The British and Foreign Bible Society London, 25 A.D., dll.


Mohon diperjelas referensi dan kesepakatan yang akan anda gunakan (jangan menggunakan signature, sebab signature dengan satu kali rubah akan meng-akibatkan perubahan disemua signature postingan anda. Apabila kita menulis di Message Body, kita tetap bisa merubah, tetapi apabila tulisan kita sudah di quote oleh orang lain, kita tidak bisa merubah hasil quote tsb)

Sekali lagi saya mohon, silahkan anda menuliskan referensi dan kesepakatan anda agar kita semua mempunyai bukti otentik tulisan lawan kita.
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Postby abdann » Mon Feb 12, 2007 4:09 pm

AkuAdalahAing wrote:Mohon diperjelas referensi dan kesepakatan yang akan anda gunakan (jangan menggunakan signature, sebab signature dengan satu kali rubah akan meng-akibatkan perubahan disemua signature postingan anda. Apabila kita menulis di Message Body, kita tetap bisa merubah, tetapi apabila tulisan kita sudah di quote oleh orang lain, kita tidak bisa merubah hasil quote tsb)

Sekali lagi saya mohon, silahkan anda menuliskan referensi dan kesepakatan anda agar kita semua mempunyai bukti otentik tulisan lawan kita.


Bila anda pernah ke Forum Agama di plasa, di forumer Nomind (yg sudah almarhum), sejak itu saya tidak pernah mengganti signature. Di sinipun demikian, kecuali ada orang iseng yang menggantinya.

Apakah masalah signature menjadi hambatan bagi anda? dan melupakan masalah yg pokok. :D
abdann
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 937
Joined: Fri Sep 08, 2006 2:08 pm

Postby sapujagad » Mon Feb 12, 2007 4:29 pm

abdann wrote:A. Sebab adanya hidup
Semesta raya ini dulunya dari kekosongan total, tidak satupun yang ada kecuali Allah yang ESA yang senantiasa dalam keadaan ghaib. DIA mempunyai maksud agar berlaku penyembahan terhadapNYA yang tentu harus dilaksanakan oleh makhluk yang memiliki logika Maka perlulah diciptakan jin dan manusia yang akan menjalani ujian dimana dapat ditentukan berlakunya pengabdian dimaksud. Kedua macam makhluk ini membutuhkan tempat hidup dimana segala kebutuhan dalam pengujian tersedia secara alamiah atau ilmiah, maka diciptakanlah benda angkasa berbagai bentuk, masa dan fungsi. Semuanya terlaksana secara logis menurut rencana tepat, dan tiba masanya dimulai penciptaan Jin dan Manusia, masing-masing berbeda di segi abstrak dan konkrit.

Allah itu Pencipta tiap sesuatu dan DIA menjaga tiap sesuatu itu. (QS 39/62)

DIA pelaksana bagi apa yang DIA inginkan. (QS 85/16)

Dan tidaklah AKU ciptakan jin dan manusia itu kecuali untuk menyembah AKU (di akhirat utamanya). QS 51/96. [/i]


yang saya pahami dari Bible,
semula SETAN adalah malaikat Tuhan yang memberontak, dan kemudian dilemparkan (ditempatkan di bumi)
manusia diciptakan Tuhan dan DITEMPATKAN dibumi,
untuk menghadapi SETAN, tetapi ternyata manusia "dikalahkan" oleh tipu muslihat SETAN, manusia jatuh ke dalam dosa.
manusia diciptakan untuk "berbakti" pada Tuhan dan supaya MEMELIHARA bumi sebagai ciptaan Tuhan,
tetapi karena manusia sudah "KALAH" oleh SETAN, sebagian besar manusia malah TIDAK memelihara BUMI, melainkan MERUSAK bumi,(tuh buktinya... merusak hutan, ngotori sungai, explorasi tambang tanpa mengindahkan lingkungan dll...,)
manusia yang diharapkan MENERUSKAN karya TUHAN di BUMI malah MENGHANCURKAN karena "bisikan" SETAN.

yang saya pahami, MANUSIA itu berbeda dengan SETAN dan JIN (JIN hanyalah MANIFESTASI dari SETAN ----- ini yang saya pahami.....

jadi manusia diharapkan menyembah TUHAN, tetapi SETAN adalah memberontak kepada TUHAN, walaupun kekuasaan SETAN tetap dibawah kekuasaan Tuhan, oleh karena itu, buat manusia yang DEKAT dengan TUHAN, dapat menghindari bujuk rayu SETAN/JIN

nah.. disini saya menemukan perbedaan pandangan Islam dengan Kristen. Islam menganggap bergaul dengan JIN adalah BIASA,(karena sama2 diciptakan untuk menyembah Allah) sedangkan Kristen berpendapat bahwa manusia SEHARUSNYA tidak bersekutu dengan SETAN/JIN, karena mereka akan menjauhkan manusia dari TUHAN,

jadi nampaknya TUJUAN HIDUP kita jadi berbeda, karena pandangan terhadap "kehidupan" manusia dan setan/jin BERBEDA

muslim menganggap bahwa JIN bukan SETAN namun orang Kristen mengaggap JIN atau apapun namanya adalah MANIFESTASI SETAN.

silakan baca topik saya di:
http://www.indonesia.faithfreedom.org/f ... highlight=
dan
http://www.indonesia.faithfreedom.org/f ... highlight=
Last edited by sapujagad on Mon Feb 12, 2007 4:30 pm, edited 1 time in total.
User avatar
sapujagad
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 513
Joined: Fri Oct 06, 2006 11:08 pm
Location: indonesia

Postby abdann » Mon Feb 12, 2007 5:18 pm

sapujagad wrote:yang saya pahami dari Bible,
semula SETAN adalah malaikat Tuhan yang memberontak, dan kemudian dilemparkan (ditempatkan di bumi)
manusia diciptakan Tuhan dan DITEMPATKAN dibumi,
untuk menghadapi SETAN, tetapi ternyata manusia "dikalahkan" oleh tipu muslihat SETAN, manusia jatuh ke dalam dosa.
manusia diciptakan untuk "berbakti" pada Tuhan dan supaya MEMELIHARA bumi sebagai ciptaan Tuhan,
tetapi karena manusia sudah "KALAH" oleh SETAN, sebagian besar manusia malah TIDAK memelihara BUMI, melainkan MERUSAK bumi,(tuh buktinya... merusak hutan, ngotori sungai, explorasi tambang tanpa mengindahkan lingkungan dll...,)
manusia yang diharapkan MENERUSKAN karya TUHAN di BUMI malah MENGHANCURKAN karena "bisikan" SETAN.

yang saya pahami, MANUSIA itu berbeda dengan SETAN dan JIN (JIN hanyalah MANIFESTASI dari SETAN ----- ini yang saya pahami.....

jadi manusia diharapkan menyembah TUHAN, tetapi SETAN adalah memberontak kepada TUHAN, walaupun kekuasaan SETAN tetap dibawah kekuasaan Tuhan, oleh karena itu, buat manusia yang DEKAT dengan TUHAN, dapat menghindari bujuk rayu SETAN/JIN

nah.. disini saya menemukan perbedaan pandangan Islam dengan Kristen. Islam menganggap bergaul dengan JIN adalah BIASA,(karena sama2 diciptakan untuk menyembah Allah) sedangkan Kristen berpendapat bahwa manusia SEHARUSNYA tidak bersekutu dengan SETAN/JIN, karena mereka akan menjauhkan manusia dari TUHAN,

jadi nampaknya TUJUAN HIDUP kita jadi berbeda, karena pandangan terhadap "kehidupan" manusia dan setan/jin BERBEDA

muslim menganggap bahwa JIN bukan SETAN namun orang Kristen mengaggap JIN atau apapun namanya adalah MANIFESTASI SETAN.

silakan baca topik saya di:
http://www.indonesia.faithfreedom.org/f ... highlight=
dan
http://www.indonesia.faithfreedom.org/f ... highlight=


Tetap fokus dan sebaiknya jangan sekedar mencantumkan link saja tetapi juga dengan argumennya dan referensi pula.

Anda definiskan dulu apa itu SETAN dan apa itu JIN menurut pemahaman Kitab anda.
abdann
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 937
Joined: Fri Sep 08, 2006 2:08 pm

Postby gilito » Mon Feb 12, 2007 6:20 pm

Nak Abdann.. Jagalah hatimu dengan baik, karena dari situlah terpancar KEHIDUPAN..
Seseorang yang lolos dari sebuah peristiwa ancaman maut tentu akan lebih mengerti arti kehidupan.. tidak perlu baca ini itu..
Jalani dulu berbagai strata lingkungan kehidupan, maka kamu akan melihat mereka bagaimana mendefinisikan hidup.. Namanya hidup tidak bisa berteori bung..
gilito
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 0
Joined: Sun Jul 28, 2013 6:16 pm

Postby abdann » Tue Feb 13, 2007 11:56 am

Putra-Pertiwi wrote:Nak Abdann.. Jagalah hatimu dengan baik, karena dari situlah terpancar KEHIDUPAN..
Seseorang yang lolos dari sebuah peristiwa ancaman maut tentu akan lebih mengerti arti kehidupan.. tidak perlu baca ini itu..
Jalani dulu berbagai strata lingkungan kehidupan, maka kamu akan melihat mereka bagaimana mendefinisikan hidup.. Namanya hidup tidak bisa berteori bung..


[-(

Om, Kepingin kaya! kayaknya sekarang saya jadi ikut-ikutan bingung, nih ...
abdann
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 937
Joined: Fri Sep 08, 2006 2:08 pm

Re: Pengertian Hidup menurut Al Qur'an

Postby osho » Tue Feb 13, 2007 12:10 pm

abdann wrote:Semuanya terlaksana secara logis menurut rencana tepat, dan tiba masanya dimulai penciptaan Jin dan Manusia,


Bikin bingung aja nih Om......
tak masuk akal gua menciptakan Jin. Kalau manusia bolehlah.....
kalau tak bisa dibuktikan dengan logis jangan bilang penciptaan Jin.
ngarang ya.......
Jean celana levis......itu diciptakan manusia...
hehehhe....bingung ya.....
mana buktinya ada Jin........
User avatar
osho
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2136
Joined: Fri Feb 02, 2007 8:29 am
Location: osho

Re: Pengertian Hidup menurut Al Qur'an

Postby abdann » Tue Feb 13, 2007 12:23 pm

pinginkaya wrote:
abdann wrote:Semuanya terlaksana secara logis menurut rencana tepat, dan tiba masanya dimulai penciptaan Jin dan Manusia,


Bikin bingung aja nih Om......
tak masuk akal gua menciptakan Jin. Kalau manusia bolehlah.....
kalau tak bisa dibuktikan dengan logis jangan bilang penciptaan Jin.
ngarang ya.......
Jean celana levis......itu diciptakan manusia...
hehehhe....bingung ya.....
mana buktinya ada Jin........


Buktinya kamu pakai Bulu jin. :lol:


Yg Seriusnya kita tunggu komen dari OB Sapujaga alias si tukang sapu-sapu mengenai definisi SETAN/JIN, Malaikat, dll, Ok!
Nanti setelah itu saya definisikan, biar kamu jangan jadi orang bingung. :D
abdann
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 937
Joined: Fri Sep 08, 2006 2:08 pm

Postby aljazeera » Tue Feb 13, 2007 1:39 pm

Soklah sekali2 debat yg cerdas, kagak usah pake maki2 ente2 pade...


Lanjut bung abdann...
User avatar
aljazeera
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 858
Joined: Sat Jul 29, 2006 2:18 pm

Postby sapujagad » Tue Feb 13, 2007 2:22 pm

abdann wrote:Anda definiskan dulu apa itu SETAN dan apa itu JIN menurut pemahaman Kitab anda.


yang saya pahami dari Bible:
SETAN adalah malaikat yang memberontak, dan kemudian ditempatkan di bumi,
SETAN ini punya hierarki kekuasaan, dan pimpinan tertingginya adalah LUCIFER,
ada juga SETAN2 teritorial, yang menguasai daerah2 tertentu. ada SETAN yang 'bertugas' mengganggu manusia, di telinga, di mulut, di hati dll..dll..

nah tentang JIN, BIBLE tidak menyebut adanya JIN, tetapi SETAN bisa berwujud macam2.. hantu, tuyul, gendruwo, bahkan menjelang akhir jaman, akan ada SETAN yang berwujud manusia, dia akan menjadi pemimpin ANTIKRIST.
jadi JIN itu-pun manifestasi dari SETAN (SETAN teramat pandai untuk mengelabui manusia dengan "kebenaran-kebenaran semu"......
tidak mengherankan jika ada JIN/KHODAM yang berbuat baik bagi manusia, karena menurut BIBLE: "setan bisa seperti malaikat terang"

jadi.... menurut Bible setan/jin itu TIDAK diciptakan dari api seperti yang ditulis di Al Quran... gitu loh....
User avatar
sapujagad
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 513
Joined: Fri Oct 06, 2006 11:08 pm
Location: indonesia

Postby abdann » Tue Feb 13, 2007 2:45 pm

aljazeera wrote:Soklah sekali2 debat yg cerdas, kagak usah pake maki2 ente2 pade...


Lanjut bung abdann...


Apa kabar, Om.

Insya Allah dalam topik ini akan saya bahas mengenai eksistensi SETAN, IBLIS tokoh-tokoh legenda lain yg berperan di dunia ini. :D
Mudah-mudahan saya punya kesempatan menunai janji saya kepada anda.
abdann
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 937
Joined: Fri Sep 08, 2006 2:08 pm

Postby abdann » Tue Feb 13, 2007 2:57 pm

sapujagad wrote:
abdann wrote:Anda definiskan dulu apa itu SETAN dan apa itu JIN menurut pemahaman Kitab anda.


yang saya pahami dari Bible:
SETAN adalah malaikat yang memberontak, dan kemudian ditempatkan di bumi,
SETAN ini punya hierarki kekuasaan, dan pimpinan tertingginya adalah LUCIFER,
ada juga SETAN2 teritorial, yang menguasai daerah2 tertentu. ada SETAN yang 'bertugas' mengganggu manusia, di telinga, di mulut, di hati dll..dll..

nah tentang JIN, BIBLE tidak menyebut adanya JIN, tetapi SETAN bisa berwujud macam2.. hantu, tuyul, gendruwo, bahkan menjelang akhir jaman, akan ada SETAN yang berwujud manusia, dia akan menjadi pemimpin ANTIKRIST.
jadi JIN itu-pun manifestasi dari SETAN (SETAN teramat pandai untuk mengelabui manusia dengan "kebenaran-kebenaran semu"......
tidak mengherankan jika ada JIN/KHODAM yang berbuat baik bagi manusia, karena menurut BIBLE: "setan bisa seperti malaikat terang"

jadi.... menurut Bible setan/jin itu TIDAK diciptakan dari api seperti yang ditulis di Al Quran... gitu loh....


Anda termasuk netter yg paling getol bawa-bawa referensi, bahkan pengetahuan soal hadist, anda lebih banyak tahu daripada saya.

Tetapi kali ini anda bicara katanya dan katanya. Anda tidak mencantumkan referensi yang jadi pendapat anda, ini artinya anda sendiri kesulitan mencari acuannya ato memang bingung soal pengertian Jin, Setan, Iblis, Malaikat, dll.

Ketahuilah kebingungan anda adalah suatu kewajaran dan terjadi pada banyak orang, bagaimana bisa memahami teks-teks kitab yang anda yakini kalo anda sendiri tidak memahaminya.

Kesesatan berawal dari ketidak mengertian, dugaan, penolakan dan tidak menjadikan "petunjuk" dari sang pencipta sebagai pedoman.
abdann
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 937
Joined: Fri Sep 08, 2006 2:08 pm

Re: Pengertian Hidup menurut Al Qur'an

Postby osho » Wed Feb 21, 2007 9:35 am

abdann wrote:C. Tujuan hidup
Al Qur’an menjelaskan bahwa kehidupan kini bukanlah akan berlalu tanpa akibat tetapi berlangsung dengan catatan atas semua gerak zahir dan batin yang menentukan nilai setiap indivisu untuk kehidupan konkrit nantinya di alam akhirat, dimana kehidupan terpisah antara yang beriman dan yang kafir untuk selamanya.

Dan berlombalah kepada keampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya sama dengan luas planet-planet dan Bumi ini, dijanjikan untuk para muttaqien. (QS 3/133)

Sungguh kami ciptakan manusia itu pada perwujudan yang lebih baik. Kemudian kami tempatkan dia kepada kerendahan yang lebih rendah. Kecuali orang-orang beriman dan beramal shaleh, maka untuk mereka upah yang terhingga. QS 95/4-6)

Dengan keterangan singkat ini, jelaslah bahwa Al Qur’an bukan saja menjelaskan kenapa adanya hidup kini, tetapi juga memberikan arti hidup serta tujuannya yang harus dicapai oleh setiap diri..
Hanya untuk sorga ajakah tujuan hidup ini....?dengan beriman dan beramal shaleh. dgn petunjuk quran , membunuh org kafir yang menentang merampas harta peperangan, mengaulin budak-budak, semua itu bisa menjelaskan kita untuk mencapai tujuan hidup yang sebenarnya...? :?:
Coba lebih mendetail lagi keterangan untuk mencapai tujuan hidup ini menurut koranmu.....biar kami ini jangan tersesat..... :D

Keterangan Al Qur’an seperti demikian dapat diterima akal sehat dan memang hanyalah kitab suci itulah yang mungkin memberikan penjelasan demikian.
diterima akal sehat atau akal sakit...?? :P
hanya kitabmu yang suci aja yang bisa mencapai tujuan hidup.......tak ada yang lain lagi ya....selain koranmu.....? :P :P
User avatar
osho
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2136
Joined: Fri Feb 02, 2007 8:29 am
Location: osho

Re: Pengertian Hidup menurut Al Qur'an

Postby Athan » Wed Feb 21, 2007 10:43 am

abdann wrote:Masa hidup manusia terbagi dua (QS 40/11), hidup pertama adalah di dunia kini dan hidup kedua berlaku di akhirat. Kedua macam hidup berlaku dalam keadaan konkrit..


Tidak ada masalah saya juga sepaham dengan anda dalam masalah ini :)

Berbagai macam ajaran mengenai hakekat hidup dan tujuan hidup telah berkembang. Masing-masing berbeda tentang pengertian dan tujuan hidup. Hanya Al Qur’an lah yang dapat menjelaskan arti dan tujuan hidup manusia secukupnya sehingga dapat dipahami oleh setiap individu yang membutuhkannya.


Kaga salah tuh.......kalau bicara mohon hati2 :) Tidak ada yang istimewa dari ajaran islam, suatu cacat tidak akan bisa menjelaskan suatu hal secara sempurna apalagi masalah hidup :) Bicara Allah saja anda hanya bisa bilang muslim kaga boleh nanya apa2 :)

Pihakyang menganut paham Plurality atau Trinity, walaupun tidak membenarkan teori evolusi , malah mengakui manusia ini memulai hidupnya dari satu diri yang sengaja diciptakan Tuhan, tetapi mereka tdak dapat memberikan alasan tentang maksud apa yang terkandung dalam perencanaan penciptaan itu. Sebagai tujuan hidup, mereka sama sependapat bahwa nanti akan berlaku kehidupan balasan sesudah mati, tetapi dalam kedaan gaib bukan konkrit, dimana setiap pribadi baik akan menerima kebahagiaan jiwa dan pribadi jahat akan merana.


Ini contoh orang yang tidak tau apa :) Abdann, saya jelaskan kesalahan muslim yang selalu dipelihara seperti halnya anda.

Kutipan seperti ini sering kali terlihat dari muslim2 seperti abdann, umumnya ini berasal dari bagian yang sama dari buku SYBIT, yaitu How Did The Trinity Doctrine Develop?

Berikut penjelasan akan argumen bahwa kepercayaan akan tiga tuhan dalam satu berasal dari Mesir, Yunani dan Romawi:

1. Mesir, Yunani dan Roma adalah bangsa Polytheist sebelum Gereja Katolik hadir. Dewa yang mereka sembah lebih dari tiga.

2. Mesir mempunyai “ennead” yang terdiri dari sembilan Dewa yang saling berhubungan darah

3. Yunani dan Romawi mempunyai mitologi polytheist yang sama dengan banyak Dewa-dewi yang saling berhubungan darah juga (hanya ada perbedaan nama antara dewa Yunani dan Romawi). Sosok terkenal yang juga dikenal di Indonesia adalah Zeus, Hercules, Venus, Athena, Poseidon etc. Zeus sendiri adalah anak dari Chronos dan Gaia. Zeus memenjarakan ayahnya dan merebut tahta kedewaan.

Oleh karena itu jika diperhatikan baik2 tuduhan itu adalah sesat dan adalah satu kekeliruan besar bila Trinitas merupakan konsep dari Mesir, Yunani atau Romawi. Bangsa-bangsa tersebut tidak mempunyai konsep yang mirip Trinitas. Bahkan mereka tidak hanya punya tiga Ilah tapi banyak sekali ilah-ilah (Dewa-Dewi) yang saling bersaudara dan membenci.

Bisa disimpulkan:

1. Trinitas jelas-jelas diimani para Bapa Gereja jauh sebelum Plato lahir

2. Agama Mesir punya ennead yang terdiri dari sembilan dewa

Pihak pertama di atas tadi bertntangan dengan dengan ajaran Al Qur’an mengenai asal hidup dan juga bertentangan mengenai tujuan hidup, sedangkan pihak kedua bersamaan dengan ajaran Al Qur’an mengenai asal usul hidup juga bersamaan tentang tujuan hidup tetapi berbeda dalam hal ghaib dan konkrit. Sebaliknya kedua pihak (Islam dan Plurality/Trinity) sependapat tentang arti hidup yang tidak lain hanyalah berjuang untuk kebutuhan dan kelanjutan generasi, tetapi mereka (Plurality/Trinity) melupakan bahwa pendapat demikian akan berujung dengan pemusnahan generasi mendatang karena setiap individu lebih mementingkan keadaan sekarang tanpa ancaman resiko konkrit yang akan dihadapi di akhirat nanti.


Ngomongan apa neh tidak ada isinya :) Pemahaman awal saja salah masih mau ngomong sebanyak ini :)

Allah itu Pencipta tiap sesuatu dan DIA menjaga tiap sesuatu itu. (QS 39/62)


Bohong dan tidak konsisten. Salah satunya Quran mengatakan bahwa Zabur dan Injil juga merupakan Firman Allah (asli awalnya), namun tuduhan muslim selanjutnya Injil yang sama Firman Allah seperti Quran dituduh dipalsukan tanpa bisa memberikan bukti mana aslinya :) Bahkan terbukti allah islam tidak bisa menjaga firmannya sendiri.

Dasar allah islam plin plan!

Dan tidaklah AKU ciptakan jin dan manusia itu kecuali untuk menyembah AKU (di akhirat utamanya). QS 51/96.


Ini yang aneh.....nyiptain jin? :)

B. Arti Hidup KINI
Al Qur’an memberikan ajaran tentang arti hidup bahwa hendaklah menghubungkan dirinya secara langsung kepada Allah dengan cara melaksanakan hukum-hukum tertulis dalam al quran, dan menghubungkan dirinya pada masyarakat sesamanya dalam melaksanakan tugas amar makhruf nahi munkar.


Hanya untuk sesama muslim :) tidak belaku untuk orang lain di luar islam :)

DIAlah yang menciptakan kematian dan kehidupan agar DIA menguji kamu yang mana diantara kamu yang lebih baik perbuatannya, dan DIA Mulia dan Pengampun. (QS 67/2)


Parsial menjelaskan Sinergi Atribute Allah saja kalang kabut, mau bilang Maha Pengampun lagi!

Bahwa Kami menunjukkan garis hukum padanya (manusia itu), terserah padanya untuk bersyukur atau kafir. (QS 76/3)


bisa aja tuh dewa lu :)

Keterangan Al Qur’an seperti demikian dapat diterima akal sehat dan memang hanyalah kitab suci itulah yang mungkin memberikan penjelasan demikian


wakakakakaka lelucon sepanjang jaman :)
Athan
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1061
Joined: Mon Jul 03, 2006 10:40 am

Postby sapujagad » Wed Feb 21, 2007 11:02 am

abdann wrote:Tetapi kali ini anda bicara katanya dan katanya. Anda tidak mencantumkan referensi yang jadi pendapat anda, ini artinya anda sendiri kesulitan mencari acuannya ato memang bingung soal pengertian Jin, Setan, Iblis, Malaikat, dll.


referensi saya Bible, di bible tidak dibedakan antara setan/jin/iblis

iblis ya setan, dan mereka itu semula para malaikat Tuhan yang memberontak, pimpinannya adalah Lucifer (di Bible disebutkan bahwa mereka adalah penguasa2 di udara, di bawah bumi dll..... sehingga di pelajaran "dunia roh" di kristen, ada yang disebut roh teritorial ---- misalnya dikenal dengan nama Nyi Roro Kidul, Maung Siliwangi, dll,dll)

nah kalau muncul Jin, tuyul, kuntilanak, gendruwo, glundung pringis, wedon, kemamang, regul, dll,dll,
itu semua MANIFESTASI dari setan2........

makanya orang kristen "heran" dengan pemahaman adanya jin muslim dan jin kafir.....
(di kitab2 taurat dan injil tidak pernah disinggung tentang hal ini, tetapi BARU muncul di Al Quran..... itukah salah satu tanda bahwa Al Quran adalah kitab penyempurna...... menyempurnakan PERGAULAN MANUSIA dengan JIN (SETAN?).....

ingat.... SETAN punya KUASA yang luar biasa, dan mereka adalah TUKANG TIPU, jadi belum tentu pemahaman2 manusia tentang SETAN adalah yang sesungguhnya, siapa tahu itu semua adalah TIPUAN SETAN..

oh ya... jadi membingungkan juga kalau ada Malaikat Mungkar dan Nakir (penjaga kubur) yang wajahnya menakutkan----- katanya malaikat utusan Auloh... kok menakutkan manusia???? apa bedanya dengan utusan SETAN?????? jangan2 Auloh = Setan
User avatar
sapujagad
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 513
Joined: Fri Oct 06, 2006 11:08 pm
Location: indonesia

Postby luv_nice » Thu Feb 22, 2007 12:41 pm

Wakakaka...boleh kan posting ketawa doang
luv_nice
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 695
Joined: Tue Aug 15, 2006 11:08 am

Next

Return to Quran & Hadist



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users