. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

[HOT] PANGLIMA BURUNG mualaf

Gambar2 dan Berita2 kekejaman akibat dari pengaruh Islam baik terhadap sesama Muslim maupun Non-Muslim yang terjadi di Indonesia.

[HOT] PANGLIMA BURUNG mualaf

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Tue Mar 27, 2012 8:46 pm

lagi asik2 search2 ttg sejarah dan mitos ttg panglima burung...eh tiba2 ketemu bginian :
Panglima burung adalah seorang Muslim

Hikayat Panglima Burung justru menjadi sangat mencuat tatkala terjadi kerusuhan etnis tahun 2001 di Kalimantan Tengah. Saat itu Panglima Burung sebagai tokok gaib Dayak benar-benar dijadikan sandaran dalam menghadapi serangan etnis tertentu dari seberang. Apa boleh buat, sesuatu yang telah dilupakan menjadi bangun ke alam nyata. Lalu siapa Panglima Burung dan bagaimana latar belakang ketokohannya? Inilah sebagian kecil jawabannya, jawaban dari versi Suku Dayak yang mendiami DAS Barito.

Kerusukan etnis yang mulai pecah sejak 18 Pebruari 2001 di Sampit memaksa Panglima Burung hadir “dan membantu warga suku Dayak berperang dan mengusir warga etnis Madura. Sebagai Panglima besar, tentu saja Panglima Burung tidak turun sendiri tetapi membawa sejumlah pengawal alias Pasukan Khusus. Kata Abdul Hadi Bondo Arsyad, seorang Temanggung Dayak dari Tumbang Senamang, Katingan Hulu, “Panglima Burung muncul dengan membawa 87 orang pasukan khususnya”. Kata Kiyai Haji M. Juhran Erpan Ali, Ketua Pondok Pesantren Ushuluddin, Martapura, “Panglima Burung (adalah) seorang wanita berparas cantik namun berwatak bengis. Selain itu ia juga bergelar hajjah”)


Sip lah....ternyata klaim mualafnya tokoh2 terkenal dunia terus di update oleh muslim2. tar sapa lagi ya ? :lol:
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4406
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: [HOT] PANGLIMA BURUNG mualaf

Postby omkangkung » Tue Mar 27, 2012 10:15 pm

Hahahaha... Kalo posting di kaskus... Pasti udah banjir subahanawloh....
User avatar
omkangkung
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2490
Joined: Thu Nov 22, 2007 7:42 am
Location: rumah jajang

Re: [HOT] PANGLIMA BURUNG mualaf

Postby Jengkol » Tue Mar 27, 2012 10:21 pm

MaNuSiA_bLeGuG wrote:lagi asik2 search2 ttg sejarah dan mitos ttg panglima burung...eh tiba2 ketemu bginian :
Panglima burung adalah seorang Muslim

Hikayat Panglima Burung justru menjadi sangat mencuat tatkala terjadi kerusuhan etnis tahun 2001 di Kalimantan Tengah. Saat itu Panglima Burung sebagai tokok gaib Dayak benar-benar dijadikan sandaran dalam menghadapi serangan etnis tertentu dari seberang. Apa boleh buat, sesuatu yang telah dilupakan menjadi bangun ke alam nyata. Lalu siapa Panglima Burung dan bagaimana latar belakang ketokohannya? Inilah sebagian kecil jawabannya, jawaban dari versi Suku Dayak yang mendiami DAS Barito.

Kerusukan etnis yang mulai pecah sejak 18 Pebruari 2001 di Sampit memaksa Panglima Burung hadir “dan membantu warga suku Dayak berperang dan mengusir warga etnis Madura. Sebagai Panglima besar, tentu saja Panglima Burung tidak turun sendiri tetapi membawa sejumlah pengawal alias Pasukan Khusus. Kata Abdul Hadi Bondo Arsyad, seorang Temanggung Dayak dari Tumbang Senamang, Katingan Hulu, “Panglima Burung muncul dengan membawa 87 orang pasukan khususnya”. Kata Kiyai Haji M. Juhran Erpan Ali, Ketua Pondok Pesantren Ushuluddin, Martapura, “Panglima Burung (adalah) seorang wanita berparas cantik namun berwatak bengis. Selain itu ia juga bergelar hajjah”)


Sip lah....ternyata klaim mualafnya tokoh2 terkenal dunia terus di update oleh muslim2. tar sapa lagi ya ? :lol:

subahanoloh... panglima burung asalnya aja kagak tau hahaha.... itu yg jd mualaf bukan panglima burung yg Orang dayak.... tapi panglima Burung mamad kale??? :rofl:....lama2 matahari jg mualaf ](*,)
User avatar
Jengkol
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 166
Joined: Fri Jan 20, 2012 10:52 pm
Location: ya diatas pohon jengkollah...moso jengkol nongkrongye di pohon korma??? ntar mamad kejengkolan

Re: [HOT] PANGLIMA BURUNG mualaf

Postby Jengkol » Tue Mar 27, 2012 10:23 pm

omkangkung wrote:Hahahaha... Kalo posting di kaskus... Pasti udah banjir subahanawloh....


soalnye yg punya kaskus jg mualaf :rofl:
User avatar
Jengkol
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 166
Joined: Fri Jan 20, 2012 10:52 pm
Location: ya diatas pohon jengkollah...moso jengkol nongkrongye di pohon korma??? ntar mamad kejengkolan

Re: [HOT] PANGLIMA BURUNG mualaf

Postby dayaknesse » Wed Mar 28, 2012 9:31 am

ulasan yg bagus dr fayhem...trims
soal Pangkalima Burung udah pernah aku bahas di tritnya amang umpu kakah
sepenggal-cerita-masa-lalu-t47842/page20.html
soal apa agama Pangkalima Burung mohon maaf sejauh yg aku tahu seorang Pangkalima Burung tdk beragama
kalaupun beragama, kemungkinan terbesar agamanya adalah agama KAHARINGAN
yaitu agama asli penduduk Kalimantan
Masyarakat Suku Dayak percaya bahwa Kaharingan sudah ada sejak awal manusia pertama.
Hal tersebut sangat diyakini oleh orang Dayak selama berabad-abad lamanya.

salam damai
it's me
User avatar
dayaknesse
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 261
Joined: Sat Feb 11, 2012 3:00 pm
Location: huang "Huma Betang" tu kueh itah "belum hapakat"

Re: [HOT] PANGLIMA BURUNG mualaf

Postby dayaknesse » Wed Mar 28, 2012 12:07 pm

akhir2 ini emang lg giat2nya belajar dan terus belajar mengenai seluk beluk suku Dayak
memalukan kalo sampe keturunan Dayak ga tau tentang sejarah dirinya sendiri
walaupun terlambat tapi ya drpd tidak sama sekali...he....
lagipula...kalau bukan kita yg meneruskan dan menjaga adat istiadat dan budaya kita sendiri lalu siapa...???
kalau bukan kita yg berdiri di garis depan untuk tetap menjaga tradisi luhur para tetua,
maka suatu saat kebudayaan asli kita akan disikat habis oleh budaya Barat atau lebih parahnya lagi budaya Timur Tengah alias Arab

salam damai
it's me
User avatar
dayaknesse
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 261
Joined: Sat Feb 11, 2012 3:00 pm
Location: huang "Huma Betang" tu kueh itah "belum hapakat"

Re: [HOT] PANGLIMA BURUNG mualaf

Postby duren » Wed Mar 28, 2012 12:29 pm

dayaknesse wrote:lagipula...kalau bukan kita yg meneruskan dan menjaga adat istiadat dan budaya kita sendiri lalu siapa...???

WWF + Natgeo + Museum \:D/
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 10809
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: [HOT] PANGLIMA BURUNG mualaf

Postby duren » Wed Mar 28, 2012 12:40 pm

fayhem wrote:
Sikat aja pendatang yang berlagak kek madura itu :partyman:

Jangan kamu membunuh - dari Musa dan di acc Jesus \:D/
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 10809
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: [HOT] PANGLIMA BURUNG mualaf

Postby dayaknesse » Wed Mar 28, 2012 1:05 pm

duren wrote:WWF + Natgeo + Museum \:D/

hahahaha..bisa aja bung duren ini...
kalo pernak pernik adat budaya nya sih bisa2 aja masuk WWF ato Natgeo ato Museum
tp nilai2 moral dan tradisi juga etos budaya nya jgn smp dimuseumkan...
salah satu contoh Orang Dayak mengenal tiga relasi yang benar-benar harus dijaga keharmonisannya, yaitu :

1. Hubungan manusia dengan Ranying Hatalla. Penyang Ije Kasimpei, Penyang Ranying Hatalla Langit, artinya beriman kepada Yang Tunggal yaitu Ranying Hatalla Langit.

2. Hubungan manusia dengan manusia lainnya baik secara kelompok, maupun individu. Hatamuei Lingu Nalata. Artinya saling kenal mengenal, tukar pengalaman dan pikiran, serta saling tolong menolong. Hatindih Kambang Nyahun Tarung, Mantang Lawang Langit. Artinya berlomba-lomba jadi manusia baik agar diberkati oleh Tuhan di langit, dan bisa memandang dan menghayati kebesaran Tuhan.

3. Hubungan manusia dengan alam semesta.
Ciptaan Ranying Hatalla yang paling mulia dan sempurna adalah manusia. Oleh karena itu manusia wajib menjadi suri tauladan bagi segala mahluk lainnya. Keajaiban- keajaiban yang terkadang terjadi adalah sarana untuk mengetahui dan lebih menyadari kebesaran Ranying Hatalla. Dengan demikian, segala mahluk semakin menyadari bahwa hanya Ranying Hatalla yang patut disembah. Alam merupakan suatu tatanan harmoni, dan terjadinya keharmonisan merupakan tanggung jawab manusia.

atau nilai2 dimana suku dayak teramat sangat melindungi perempuan. Dalam kehidupan di masyarakat, seorang gadis dilindungi dengan peraturan berikut:

1) Dilarang bercakap-cakap berduaan dengan seorang gadis khususnya ditempat sepi. Bila tertangkap basah laki-laki tersbut akan mendapat hukuman adat dan juga diharuskan membayar denda.

2) Bila sedang berada di jalan kemudian bertemu dengan seorang gadis remaja yang belum di kenal, dilarang menatap dan mengamati sekalipun dari jarak jauh. Karena apabila salah seorang keluarga si gadis remaja menyaksikan hal tersebut, akibatnya laki-laki tersebut akan dituntut dalam rapat.

3) Misalnya dalam perjalanan, seorang perempuan diajak bicara oleh seorang laki-laki padahal keduanya belum saling mengenal, apabila terlihat oleh ahli waris perempuan itu, maka laki-laki tersebut dapat didenda karena dianggap melanggar adat yang berlaku.

4) Apabila seorang laki-laki mengajak satu atau dua perempuan untuk berjalan-jalan, tanpa terlebih dahulu meminta izin kepada ayah si gadis, akan lebih berat lagi apabila diantara mereka tidak saling mengenal, maka si laki-laki dianggap melakukan kesalahan dan dapat dituntut dalam rapat adat.

dan masih banyakkkkk lagi yg masih harus saya pelajari...

fayhem wrote:Sikat aja pendatang yang berlagak kek madura itu :partyman:

duren wrote:Jangan kamu membunuh - dari Musa dan di acc Jesus \:D/

berulang kalipun aku akan tetap selalu memposting hal ini
supaya semua orang di luar sana mengerti bahwa kami tidaklah sesadis dan segarang yg sering orang gambarkan
ciri khas watak orang Dayak, entah laki-laki maupun perempuan Dayak sama saja yaitu Mamut Menteng, Ureh, Mameh

Mamut Menteng berarti gagah perkasa.

Ureh artinya giat. Demikian menurut kami, walau tidak sedikit tudingan yang menyatakan kami malas, karena dimanja alam. Biarkan saja tudingan tersebut. Pertanyaannya : Mungkinkah pemalas mampu bertahan hidup dalam keganasan hutan rimba belantara ?. Maksudnya dimasa lalu para leluhur kamilah yang hidup dalam keganasan hutan rimba belantara, dan kami adalah para ahli waris.

Mameh, Agar tidak salah memahami, saya berikan suatu contoh. Misalnya dalam sikap. Pada umumnya orang Dayak berusaha untuk selalu mengalah dengan cara menghindar. Mundur selangkah, mengalah lagi, menghindar lagi, mundur lagi dua langkah, dan karena mengalah berulang-ulang, mundur berulang-ulang, pada akhirnya sampai di ujung jurang. Bila mundur lagi selangkah, akan jatuh kedalam jurang lalu . . . demi bertahan hidup, apa boleh buat, maju dan menyerang. Maksudnya titik jenuh telah dicapai. Hati terluka habis, emosi menjadi sulit terkendali.

salam damai
it's me
User avatar
dayaknesse
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 261
Joined: Sat Feb 11, 2012 3:00 pm
Location: huang "Huma Betang" tu kueh itah "belum hapakat"

Re: [HOT] PANGLIMA BURUNG mualaf

Postby duren » Wed Mar 28, 2012 2:03 pm

dayaknesse wrote:1) Dilarang bercakap-cakap berduaan dengan seorang gadis khususnya ditempat sepi. Bila tertangkap basah laki-laki tersbut akan mendapat hukuman adat dan juga diharuskan membayar denda.

Ancur dehh .. gimana pula cara pacarannya

Pegang tangan saja pun tak boleh
Apa lagi yang ku harapkannnnn
[-(

2) Bila sedang berada di jalan kemudian bertemu dengan seorang gadis remaja yang belum di kenal, dilarang menatap dan mengamati sekalipun dari jarak jauh. Karena apabila salah seorang keluarga si gadis remaja menyaksikan hal tersebut, akibatnya laki-laki tersebut akan dituntut dalam rapat.

Kuno dan pelanggaran ham berat ...harus dihapuskan dari muka bumi :lol:

3) Misalnya dalam perjalanan, seorang perempuan diajak bicara oleh seorang laki-laki padahal keduanya belum saling mengenal, apabila terlihat oleh ahli waris perempuan itu, maka laki-laki tersebut dapat didenda karena dianggap melanggar adat yang berlaku.

Penjarakan tuh yang buat aturan .. gimana pula klo si cewe yang jatuh cinta pada pandangan pertama :finga:

4) Apabila seorang laki-laki mengajak satu atau dua perempuan untuk berjalan-jalan, tanpa terlebih dahulu meminta izin kepada ayah si gadis, akan lebih berat lagi apabila diantara mereka tidak saling mengenal, maka si laki-laki dianggap melakukan kesalahan dan dapat dituntut dalam rapat adat.

Ish ish ish .. padahal paling romantis loh via pintu belakang , dunia serasa milik kita berdua :rolleyes:
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 10809
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: [HOT] PANGLIMA BURUNG mualaf

Postby dayaknesse » Wed Mar 28, 2012 2:09 pm

hahahahaha :rofl: ...sukaaaaaa sekali aku ni baca tulisannya bung duren... :heart:

salam damai
it's me
User avatar
dayaknesse
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 261
Joined: Sat Feb 11, 2012 3:00 pm
Location: huang "Huma Betang" tu kueh itah "belum hapakat"

Re: [HOT] PANGLIMA BURUNG mualaf

Postby 1234567890 » Wed Mar 28, 2012 2:56 pm

dayaknesse wrote:4) Apabila seorang laki-laki mengajak satu atau dua perempuan untuk berjalan-jalan, tanpa terlebih dahulu meminta izin kepada ayah si gadis, akan lebih berat lagi apabila diantara mereka tidak saling mengenal, maka si laki-laki dianggap melakukan kesalahan dan dapat dituntut dalam rapat adat.

salam damai
it's me


muslim harus bersyukur bahwa muhammad bukan lahir di kalimantan

kalau sampai muhammad lahir di kalimantan , bisa bisa satu satunya mukjizat kebanggaan muhammad ... kekuatan 30 onta jantan bisa hilang tanpa bekas
:rolling:
1234567890
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3860
Joined: Sun Aug 09, 2009 2:31 am

Re: [HOT] PANGLIMA BURUNG mualaf

Postby bluelotusfriend » Wed Mar 28, 2012 6:28 pm

barusan ada di voa.islam .... katanya Paus Benediktus XVI ternyata muslim :rofl: :rofl: :rofl:
bluelotusfriend
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 956
Joined: Fri Oct 07, 2011 4:32 pm

Re: [HOT] PANGLIMA BURUNG mualaf

Postby betdaniel99 » Wed Mar 28, 2012 6:50 pm

bluelotusfriend wrote:barusan ada di voa.islam .... katanya Paus Benediktus XVI ternyata muslim :rofl: :rofl: :rofl:

Minta URL-nya donk.. lumayan, buat lucu-lucuan :rolling:

Salam.
User avatar
betdaniel99
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2373
Joined: Thu May 22, 2008 9:55 pm

Re: [HOT] PANGLIMA BURUNG mualaf

Postby Wong lawas » Wed Mar 28, 2012 7:24 pm

Mungkin maksudnya Panglima Burung Cucakrowo Dowo Buntute dari Gurun Sahara bro..
Wong lawas
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 281
Joined: Wed Jan 12, 2011 12:50 am
Location: Alas roban

Re: [HOT] PANGLIMA BURUNG mualaf

Postby 1234567890 » Wed Mar 28, 2012 7:33 pm

Wong lawas wrote:Mungkin maksudnya Panglima Burung Cucakrowo Dowo Buntute dari Gurun Sahara bro..

muhammad kan panglima perang yang burungnya setara dengan 30 onta jantan
1234567890
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3860
Joined: Sun Aug 09, 2009 2:31 am

Next

Return to Islam Dalam Gambar Dan Berita Nasional



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users