. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Jumlah Umat Islam Indonesia Menurun

Murtad: mereka yg meninggalkan Islam. Apa hukumannya & bgm penerapannya di negara2 Islam ?

Jumlah Umat Islam Indonesia Menurun

Postby walet » Fri Aug 28, 2009 5:22 am

Dari berbagai sumber:

Di Indonesia pertumbuhan agama Islam justru menurun drastis, seperti data dibawah ini :

1. Berdasarkan hasil riset Yayasan Al Atsar Al-Islam (Magelang) dan dalam rangkaian investigasi diperoleh data bahwa mulai tahun 1999-2000 Kristen dan Khatolik di Jateng telah meningkat dari 1-5 % diawal tahun 1990, kini naik drastis 20-25% dari total jumlah penduduk Indonesia.

2. Dari laporan Riset Dep. Dokumentasi dan Penerangan Majelis Agama Waligereja Indonesia, sejak tahun 1980-an setiap tahunnya laju pertumbuhan umat Khatolik: 4,6%, Protestan 4,5%, Hindu 3,3%, Budha 3,1% dan ISLAM HANYA 2,75% yang paling rendah (Astaghfirullah).

3. Dalam buku Gereja dan Reformasi penerbit Yakoma PGI (1999) oleh Pendeta Yewanggoe. Dijelaskan bahwa jumlah umat Kristiani di Indonesia (dari Riset) telah berjumlah lebih 20%. Sedangkan menurut data Global Evangelization Movement telah mencatat pertumbuhan umat Kristen di Indonesia telah mencapai lebih 40.000.000 orang (19 % dari total 210 jumlah penduduk Indonesia)

4. BPS (Badan Pusat Statistik) Indonesia melaporkan bahwa penurunan jumlah umat Islam di Indonesia. Contohnya di Sulawesi Tenggara turun menjadi 1,88% (dalam kurun waktu 10 tahun). Demikian pula di Jawa Tengah, NTT dan wilayah Indonesia lainnya.

Dalam sebuah seminar kerja sama global Mission Singapore & Galilea Ministry Indonesia, di Hotel Shangrila (Jakarta, 9-12 Juni 1998). Pdt. Dr. George Anatorae dari The Lord Family Church mempresentasikan program dimana Indonesia akan dijadikan pusat perkembangan Kristen di Asia Pasific !. (Dengan info ini semoga umat Islam yang berpendapat bahwa kebebasan membangun gereja dimana-mana sebagai hak asasi manusia, segera bisa tobat!)

Fenomena penurunan jumlah umat Islam di Indonesia bisa jadi disebabkan oleh :

1. Kerja keras para misionaris yang melakukan kegiatannya dengan dukungan dana yang besar serta bantuan tenaga dan program secara internasional. Mereka tidak lagi mampu 'menjual' agama mereka di
negerinya sendiri. Dengan kemajuan pendidikan dan cara hidup yang sangat liberal di negeri maju maka agama Nasrani menjadi terbelakng dan tidak mampu menjawab perkembangan zaman. Lalu para missionaris inipun menjual dagangan'nya di negeri-negeri miskin dan rendah pendidikannya.

2. Bisa jadi kemiskinan dan kebodohan membuat umat Islam mudah menjadi menjadi Kufur / Kafir, seperti disabdakan Rasulullah SAW dalam sebuah hadits. Pesan Rasulullah ini jelas terbukti di Indonesia dimana pemurtadan umumnya sukses terjadi di kantong-kantong penduduk miskin yang terdapat baik di di pedesaan maupun di perkotaan. Bukankah hal ini sudah disinyalir oleh Nabi SAW, bahwa suatu ketika jumlah kalian (umat Islam) sangat banyak, tetapi bagai buih di lautan (sangat lemah) dan bila di tiup angin lalu menghilang; atau bagai kue yang diperebutkan oleh musuh-musuh kalian. Umat Islam yang 'lemah' inilah yang kini jadi bahan rebutan untuk memenuhi target kristenisasi (pemurtadan) para missionaris.

3. Bisa jadi sebagian umat Islam yang 'lemah' ini berpendidikan tinggi (pendidikan ilmiah non agama) dan dari golongan ekonomi kuat namun lemah dasar ilmu agamanya, sehingga menyebabkan mereka (tiga kemungkinan)
:
1) Mengaku Islam sebatas formalitas saja dan enggan menjalankan perintah agama, seperti beribadah.

2) Mengaku Islam namun masih bersifat formal dan sebatas ritual ibadah (belum menjadikan agamanya sebagai Rahmatan lil alamin).

3) Mengaku Islam dan menerima Islam sebatas masuk dalam akal (dan pendidikan) mereka yang tinggi, seperti banyak dilakukan penganut dan simpatisan Islam liberal.

4) Mengaku Islam, tinggi ilmu agamanya dan banyak ibadahnya, tapi dirinya dikuasai dunia, hingga ia sibuk mengejar kekuasaan, popularitas, jabatan atau harta diantara aktifitas ibadahnya (yang sebenarnya tidak ikhlas).
walet
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5867
Images: 15
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Re: Jumlah Umat Islam Indonesia Menurun

Postby DHS » Fri Aug 28, 2009 1:03 pm

walet wrote:Fenomena penurunan jumlah umat Islam di Indonesia bisa jadi disebabkan oleh :
1.
2.
3.

Tambahan:

4. "Kesaksian" para teroris yang gagah perkasa membela Auwloh dengan memerangi Yahudi, Amerika dan Kafirun sesuai dengan mandat dalam Qur'an.

5. Pengaruh dari internet, termasuk IFF :partyman:

Bukankah hal ini sudah disinyalir oleh Nabi SAW, bahwa suatu ketika jumlah kalian (umat Islam) sangat banyak, tetapi bagai buih di lautan (sangat lemah) dan bila di tiup angin lalu menghilang.

Tepat sekali! Ini juga yang digambarkan oleh Ali Sina sebagai pohon besar yang akarnya sudah keropos. Fungsi FFI di seluruh dunia adalah menghancurkan akar yang keropos ini sehingga dengan sendirinya dalam waktu singkat islam akan musnah di muka bumi. Amin!
User avatar
DHS
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4377
Images: 4
Joined: Sat Jan 05, 2008 7:56 pm

Re: Jumlah Umat Islam Indonesia Menurun

Postby saksang » Fri Aug 28, 2009 1:18 pm

tuh kan, apa gue bilang..? :rock:
saksang
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 780
Joined: Tue Mar 17, 2009 10:25 pm

Re: Jumlah Umat Islam Indonesia Menurun

Postby kutukupret » Fri Aug 28, 2009 1:21 pm

seharusnya lebih banyak lagi...seperti saya yang dipersulit untuk mengganti kolom agama di KTP saya. di KTP saya masih tercantum Islam :green:
User avatar
kutukupret
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6400
Joined: Mon Dec 17, 2007 6:31 pm

Re: Jumlah Umat Islam Indonesia Menurun

Postby SUAMI MURTAD » Sat Aug 29, 2009 2:24 am

Selama hidup, saya kenal beberapa kota di Indonesia dimana saya pernah tinggal untuk jangka waktu > 3 bulan.

Mendengar hasil sensus yang selalu menyebutkan bahwa jumlah umat Islam di Indonesia adalah 85% hingga 95% kok rasanya saya selalu merasa dibohongi, ya?

Dari perkiraan kasar saja, rasanya semua orang bisa mengatakan bahwa sebenarnya umat di luar Islam (di Indonesia) mestinya malah > 20% deh..,
salah nggak ya perkiraan ini ?
User avatar
SUAMI MURTAD
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 441
Joined: Thu Apr 16, 2009 2:43 am

Kristen Naik, Islam Turun

Postby walet » Sun Aug 30, 2009 2:23 am

Toh, ketika RUU PA disahkan menjadi UUPA, tidak terjadi hal-hal seperti yang dituduhkan. Siapa yang tidak toleran? Siapa yang tidak dewasa? Umat Islam melihat dan memiliki bukti-bukti kuat, bahwa sekolah-sekolah Kristen menjadi ujung tombak misi Kristenisasi. Dan itu bukan soal sepele. Tahun 1999, Yakoma PGI mengeluarkan satu buku berjudul Gereja dan Reformasi, yang menyebutkan, jumlah orang Kristen (Protestan) di Indonesia sudah lebih dari 20 persen. Dan itu adalah berkat dari "terjadinya pembaptisan-pembaptisan massal di berbagai tempat".

Global Evangelization Movement Database menyatakan, jumlah orang Kristen di Indonesia sudah lebih dari 40 juta. Secara internasional, jumlah umat Kristen setiap tahun meningkat 6,9 persen, sehingga sekarang jumlahnya sudah mencapai 2 milyar jiwa lebih. (Bahana, September 2002).

Natsir mencatat soal Kristenisasi ini: "Hanya satu saja permintaan kami: Isyhaduu bi anna muslimuun. Saksikanlah dan akuilah bahwa kami ini adalah Muslimin. Yakni orang-orang yang sudah memeluk agama Islam. Orang-orang yang sudah mempunyai identitas-identitas Islam. Jangan identitas kami saudara-saudara ganggu, jangan kita ganggu-mengganggu dalam soal agama ini. Kami ummat Islam tidak apriori menganggap musuh terhadap orang-orang yang bukan Islam.
walet
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5867
Images: 15
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Postby ali5196 » Fri Sep 04, 2009 11:06 pm

http://jakarta45.wordpress.com/2009/07/ ... ingkatkan/

[...] Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Depok, Nurmahmudi Ismail, mengaku sangat galau melihat jumlah umat Islam di Tanah Air. Menurut dia, semakin tahun, jumlah umat Muslim di Indonesia bukanya makin bertambah, namun makin berkurang.

”Kami berkali-kali menyampaikan bahwa di tengah marak dan tumbuh suburnya ulama, kiai, serta bangunan mushala dan masjid, ternyata justru umat Muslim di Indonesia semakin berkurang,” papar Nurmahmudi dalam sambutannya pada peresmian Masjid Al Hikam II dan peletakan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren Al Hikam II di Depok, Jawa Barat.

”Sekitar tahun 70-an, umat Muslim di Indonesia sekitar 92 persen dari seluruh jumlah penduduk. Namun, saat ini, populasi umat Muslim di Tanah Air hanya sekitar 85 persen dari seluruh jumlah penduduk di Indonesia,” tutur mantan menteri kehutanan itu menjelaskan. Nurmahmudi menilai, upaya-upaya yang dilakukan para kiai dan ulama dalam ‘merawat’ Islam dan memperkokoh Islam di Indonesia belum cukup. ”Bahkan, sekarang ini, banyak tokoh yang murtad atau keluar dari Islam dan memeluk agama lain,” imbuhnya.


:supz: :supz: :rolling:
ali5196
Translator
 
Posts: 17308
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby ali5196 » Fri Sep 04, 2009 11:14 pm

http://pro-syariah.blogspot.com/2009/03 ... nurun.html

Suara Partai Islam Diprediksi Menurun, Padahal Umat Merindukan Tegakknya Syariah
21 Maret 2009

Partai-partai Islam diprediksi akan kehilangan banyak suara pemilih pada Pemilu 2009 karena dinilai gagal dalam mengangkat isu-isu ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yang menjadi permasalahan mendasar bangsa Indonesia.

"Permasalahannya, partai-partai Islam hanya membicarakan masalah-masalah agama dan moral," kata Peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI) Burhanuddin Muhtadi dalam acara peluncuran hasil survei dan diskusi dengan tema "Mengapa Partai Islam Kalah? Mengukur Elektabilitas Partai-Partai Islam dalam Pemilu 2009" di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan, hasil survei LSI pada Februari 2009 menunjukkan jumlah pemilih partai Islam mencapai 24 persen atau jauh lebih kecil dibandingkan dengan jumlah pemilih partai nasionalis yang mencapai 67 persen. Data tersebut diperoleh dari survei di 33 provinsi di Indonesia.

Sebulan sebelum Pemilu 2009, katanya, partai Islam secara umum mengalami kenaikan dibandingkan survei bulan Desember 2008, namun hasilnya masih di bawah jumlah pemilih partai Islam pada Pemilu 2004.

"Jumlah ini secara umum tidak atau belum mengancam partai nasionalis, terutama PDIP, Golkar dan Demokrat yang cenderung memimpin dalam sikap pemilih selama empat tahun terakhir," ujarnya.

Senada dengan itu, Indonesianis dari Australian National University (ANU) Dr Greg Fealy mengatakan, kemungkinan kekalahan partai Islam dalam merebut suara masyarakat karena sebagian besar mereka tidak menjawab tantangan masa depan.

Muchtadi menambahkan, pemilih muslim kini lebih rasional dalam menentukan pilihan di Pemilu 2009 dan dinilai cenderung memilih kompetensi bukan identitas untuk menjadi dasar memilih partai.

Ia menambahkan, pemilih muslim kini menilai kompetensi dapat dinilai dari sebuah partai lewat program-programnya untuk kesejahteraan masyarakat.

Dalam hal ini, lanjutnya, partai nasionalis utama yakni PDIP, Golkar dan Demokrat dinilai oleh pemilih muslim lebih aktif dalam merespon isu-isu kesejahteraan.

Sangat disayangkan, partrai - partai Islam kurang banyak melakukan pendidikan politik kepada masyarakat dengan menjelaskan solusi - solusi Islam atas problema-problema kontemporer. padahal syariat Islam yang menjadi dasar perjuangan mereka adalah syariat yang sempurna dan telah terbukti selama belasan abad mampu menjawab persoalan jaman.

Ditambah lagi ada kecenderungan di kalangan umat bahwa masa depan politik Indonesia ada pada syariah Islam. Beberapa survey menunjukkan dukungan masyarakat terhadap penerapan syariah Islam meningkat. Survey Roy Morgan Research yang terbaru (Juni 2008) menunjukkan: 52 persen rakyat Indonesia menuntut penerapan syariah Islam. Sebelumnya, hasil survei PPIM UIN Syarif Hidayatullah tahun 2001 dan 2002 (Majalah Tempo, edisi 23-29 Desember 2002) menunjukkan: sebanyak 67% (2002) responden berpendapat bahwa pemerintahan yang berdasarkan syariah Islam adalah yang terbaik bagi Indonesia. Padahal survei sebelumnya (2001) hanya 57,8% responden yang setuju dengan pendapat demikian. Ini berarti, ada peningkatan cukup tinggi, sekitar 10%.

Kecenderungan menguatnya dukungan masyarakat terhadap penerapan syariah Islam juga sejalan dengan hasil Survei WorldPublicOpinion.org, yang dilaksanakan di empat negara Islam—Indonesia, Pakistan, Mesir, dan Maroko—pada Desember 2006 sampai Februari 2007. Hasil survesi menunjukkan bahwa mayoritas (2/3 responden) menyetujui penyatuan semua negara Islam ke dalam sebuah pemerintahan Islam (Khilafah). Hasil survei itu juga—bekerjasama dengan University of Maryland—memperlihatkan bahwa mayoritas responden (sekitar 3/4) setuju dengan upaya untuk mewajibkan syariah Islam di tengah masyarakat, sekaligus mencampakkan nilai-nilai Barat. Khusus untuk Indonesia, survei menunjukkan mayoritas (53%) responden menyetujui pelaksanaan syariah Islam.

Hasil survei Gerakan Mahasiswa Nasionalis di kampus-kampus utama di Indonesia tahun 2006 juga membuktikan, bahwa 80% mahasiswa menginginkan syariah Islam diterapkan. Yang paling mutakhir, survei SEM Institute tahun 2008 juga membuktikan hal yang sama: semakin menguatnya dukungan umat terhadap penerapan syariah Islam, yakni mencapai 83%!

Kecenderungan meningkatnya dukungan ummat terhadap syariah ini semestinya menyadarkan para politisi bahwa sebenarnya syariah Islamlah yang dirindukan umat. Sudahn saatnya bagi partai-partai Islam lembih mengkonsentrasikan perjuangannya untuk melanjutkan kehidupan Islam dengan menegakkan syariah Islam dan Khilafah sebagai institusi pengembannya

(ant / HTI / pro-syariah)
ali5196
Translator
 
Posts: 17308
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby ali5196 » Fri Sep 04, 2009 11:19 pm

http://www.acehforum.or.id/gejala-pemur ... 49386&

03-25-2009, 07:37 AM

Gejala pemurtadan yang dialami umat Islam di Indonesia mengalami eskalasi yang luar biasa. Hal itu ditandai dengan data statistik yang dikeluarkan oleh Biro Pusat Statistik (BPS) tahun 1990. Tercatat bahwa dari 200.000.000 (dua ratus juta) jiwa, prosentasi umat Islam menjadi 87,3% (dibulatkan menjadi 90%). Sementara, umat Kristen protestan 6%, umat Katolik 3,6%, Hindu 1,8%, Budha 1% dan agama lain 0,3%. Kita tak boleh berbangga dengan besarnya angka-angka mayoritas di atas. Sebab, data-data terkini mencatat bahwa jumlah umat Islam menurun drastis dari 90% menjadi 75% (Tabloid SIAR edisi no. 43, tanggal 18-24 November 1999 hlm. 14).
ali5196
Translator
 
Posts: 17308
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Re: Jumlah Umat Islam Indonesia Menurun

Postby walet » Fri Sep 04, 2009 11:21 pm

Jangan terlalu di blow up, walaupun data2 melimpah sebaiknya disimpan saja. Cukup kita tahu saja.
walet
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5867
Images: 15
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Postby ali5196 » Fri Sep 04, 2009 11:22 pm

Sumber artikel pada permulaan post ini kayaknya diambil dari : http://www.mail-archive.com/wanita-musl ... 07006.html
ali5196
Translator
 
Posts: 17308
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Re:

Postby walet » Sat Sep 05, 2009 3:32 am

ali5196 wrote:Sumber artikel pada permulaan post ini kayaknya diambil dari : http://www.mail-archive.com/wanita-musl ... 07006.html


Itu udah tersebar dimana2, jadi bisa dari mana saja.
walet
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5867
Images: 15
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Re: Jumlah Umat Islam Indonesia Menurun

Postby AkuAdalahAing » Sat Sep 05, 2009 12:02 pm

Jumlah Umat Islam Indonesia Menurun
Baguslah =D> =D> =D>
Indonesia nantinya menjadi seperti Eropa saat ini [-o< [-o< [-o<

SAYANGNYA warning-2050-separoh-penduduk-eropa-adalah-muslim-t34616/
Eropa nantinya menjadi seperti Indonesia saat ini [-( [-( [-(
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Re: Jumlah Umat Islam Indonesia Menurun

Postby AkuAdalahAing » Sat Sep 05, 2009 12:42 pm

Ada TANTANGAN menarik untuk orang yang masih islam di pilih-makmur-atau-islam-t34818/
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Re: Jumlah Umat Islam Indonesia Menurun

Postby Pederasty » Sun Sep 06, 2009 3:11 am

walet wrote:...Moga2 aja wanita2 Islam yang suka melahirkan kaya tikus murtad semua...

Bener bro, aku pernah menguping rasan2/keluh-kesah beberapa muslimah yang dekat sama aku, mereka harus saling berbagi akal/cara bagaimana bisa menghindari keadaan nggak berdaya karena kewanitaannya..., sedih..., cuman bisa nguping..., ada cara jitu tapi aman nggak buat ngenalin mereka ke IFF ini??? Terlalu beresiko kalo langsung kasih tau...
Beda kalo promosi ke temen kafir, lancar!!!

PM aja ya...
Thanks before
Pederasty
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 403
Joined: Sat Jul 18, 2009 2:27 am
Location: Indonesia Bagian Kafir

Re: Jumlah Umat Islam Indonesia Menurun

Postby AkuAdalahAing » Sun Sep 06, 2009 3:17 am

Pederasty wrote:Bener bro, aku pernah menguping rasan2/keluh-kesah beberapa muslimah yang dekat sama aku, mereka harus saling berbagi akal/cara bagaimana bisa menghindari keadaan nggak berdaya karena kewanitaannya..., sedih..., cuman bisa nguping..., ada cara jitu tapi aman nggak buat ngenalin mereka ke IFF ini??? Terlalu beresiko kalo langsung kasih tau...
Beda kalo promosi ke temen kafir, lancar!!!

PM aja ya...
Thanks before

Nama: (Biar seakan-akan dari orang yang sudah mereka kenal)
Email: (Pake "Tell a Friend")
No.HP: saya SMSin dia... tolong pilihin thread unggulan buat muslimah. (Kalau saya langsung kasi "Apa keuntungan jadi muslimah" ngena gak ya ???)

Nomor saya: (gua lupa kemarin sempat isi elektronik :( )
Catatan: Nomor saya berubah kalau pulsa sudah habis.
Last edited by AkuAdalahAing on Sun Sep 06, 2009 9:30 am, edited 1 time in total.
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Re: Jumlah Umat Islam Indonesia Menurun

Postby walet » Sun Sep 06, 2009 3:25 am

Pederasty wrote:Bener bro, aku pernah menguping rasan2/keluh-kesah beberapa muslimah yang dekat sama aku, mereka harus saling berbagi akal/cara bagaimana bisa menghindari keadaan nggak berdaya karena kewanitaannya..., sedih..., cuman bisa nguping..., ada cara jitu tapi aman nggak buat ngenalin mereka ke IFF ini??? Terlalu beresiko kalo langsung kasih tau...
Beda kalo promosi ke temen kafir, lancar!!!

PM aja ya...
Thanks before


Analisa:
1. Dekat berarti punya email address atau bisa bertanya.
2. Mau ngenalin mereka ke FFI berarti mereka bisa akses internet.

Pertanyaan:
Bagaimana memperkenalin FFI tanpa diketahui jati diri kita.

Penyelesaian:
1. Klik halaman paling bagus buat temenmu yang wanita, mungkin poligami atau sex
2. Kalau udah menemukan artikel yang bagus, klik bagian paling atas FFI disetiap halaman, ada fasilitas tell a friend.
3. Isi uraian singkat dan ketik alamat email temanmu.
4. Klik send

Fasilitas ini aman menurut moderator sini dan beberapa netter FFI karena email dan ip addressmu gak bakal ketahuan.
walet
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5867
Images: 15
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Re: Jumlah Umat Islam Indonesia Menurun

Postby MometGarong » Sun Sep 06, 2009 3:36 am

@atas

kayaknya penggunaan tell a friend harus di kampanyekan lagi nih, soalnya masih banyak yg belum ngerti. Gimana caranya ya?
User avatar
MometGarong
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 870
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:26 pm
Location: PANTAI GADING

Re: Jumlah Umat Islam Indonesia Menurun

Postby walet » Sun Sep 06, 2009 4:36 am

MometGarong wrote:@atas

kayaknya penggunaan tell a friend harus di kampanyekan lagi nih, soalnya masih banyak yg belum ngerti. Gimana caranya ya?


Setiap orang kan gak mungkin bisa sampai ke artikel modi tentang tell a friend karena jumlah artikel ribuan. Yang bisa kita lakukan cuma kasih tahu kalau ada yang tanya. Jadi kalau ada yang takut kasih tahu temen, kasih tahu dimanapun gak harus di thread pengumuman.
walet
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5867
Images: 15
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Next

Return to Resource Centre: Murtad



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users